Baskoro , Wursito Adi (2009) KAJIAN PENGARUH PEMBANGUNAN JETTY TERHADAP KAPASITAS SUNGAI MUARA WAY KURIPAN KOTA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 3071Kb |
Abstract
River Way Kuripan is one of the river flows through the middle of Bandar Lampung City. River segment around the estuary is used by traditional fishing boats. The capacity of estuary is reduced by heavy sedimentation. This research is aimed to study the effects Jetty construction at Way Kuripan River estuary to the capacity of the river, to the sediment transport and to the vicinity coastal condition. The river stream capacity is analyzed by using HECRAS 4 : The analysis was carried out for four conditions, i.e. (1) river without dredging and without Jetty, (2) river without dredging but with Jetty, (3) river is dredged without Jetty, and (4) river is dredged and construction of Jetty. The results show that the construction of jetty without dredging would increase water level at the estuary 5.47 % from existing condition, dredging without jetty would reduce water level 20.97%, while constructions of jetty and dredging would reduce water level 17.28 % Based on the above four conditions it is concluded that construction of jetty could not increase river capacity, even reduce it capacity. However the jetty could flash the sediment out from the estuary. The dredging could increase river capacity is significantly. Construction of Jetty and dredging of estuary would increase river capacity and avoid the sediment accumulation from river mouth. The Jetty development would generate accretion in the right site and erosion in the other side of the river mouth. Therefore the Jetty development should be completed with the development of coastal protection such as revetment in left side of the river mouth. The analysis of the extension prospect of Jambi Port can be shown by matri Sungai Way Kuripan merupakan salah satu sungai yang mengalir di tengah Kota Bandar Lampung. Alur sungai sekitar muara dimanfaatkan sebagai media keluar masuk kapal nelayan tradisional. Kondisi alur sungai sekitar muara mengalami pendangkalan yang cukup berat yang berakibat berkurangnya kapasitas pengaliran sungai. Tujuan dari penelitian ini, adalah mengkaji pengaruh pembangunan Jetty di muara Sungai Way Kuripan terhadap : kapasitas pengaliran sungai, kapasitas pengangkutan sedimen yang ada di sungai, pengaruh pembangunan Jetty terhadap kondisi pantai sekitar muara. Tesis ini menganalisis pengaruh pembangunan Jetty terhadap kapasitas aliran sungai Way Kuripan. Dalam mengalisis kapasitas aliran sungai Way Kuripan digunakan Program HECRAS, untuk 4 (empat) kondisi perlakuan sebagai berikut: (1) sungai tanpa pengerukan dan tanpa pembangunan Jetty (eksiting), (2) sungai tidak dilakukan pengerukan dan hanya pembuatan Jetty, (3) sungai dilakukan pengerukan dan tanpa pembangunan Jetty, dan (4) sungai dilakukan pengerukan dan pembuatan Jetty. Hasil analisis dengan beberapa skenario didapatkan kapasitas pengaliran Sungai Way Kuripan: Muara sungai dilakukan pembangunan Jetty tanpa pengerukan terjadi kenaikan muka air sebesar 5,47 % dari kondisi awal, sungai dilakukan pengerukan tanpa pembangunan Jetty terjadi penurunan muka air sebesar 20,97 % dari kondisi awal, sungai dilakukan pembangunan Jetty dan pengerukan terjadi penurunan muka air sebesar 17,28 % dari kondisi awal. Dari kondisi perlakuan diatas bahwa Pembangunan Jetty tidak signifikan menurunkan muka air banjir (kapasitas sungai berkurang). Perlakuan pembangunan Jetty dan dilakukan pengerukan sungai sangat signifikan menurunkan muka air banjir (memperbesar kapasitas pengaliran) sungai Way Kuripan. Jetty diharapkan dapat menghambat pergerakan sedimen dari arah pantai, sehingga mulut sungai tidak tertutup dan kapasitas sungai tetap terjaga. Pembuatan jetty dan pengerukan muara sungai akan menambah kapasitas sungai untuk mengalirkan air dan mencegah tumpukan sedimen pada mulut muara sungai. Akibat pembangunan Jetty terhadap pantai sebelah kanan muara sungai akan terjadi pengendapan dan pantai sebelah kiri muara sungai akan terjadi erosi untuk itu perlu diupayakan perlindungan pantai seperti tembok laut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Civil Engineering |
ID Code: | 17791 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 1 |
Deposited On: | 27 Jul 2010 12:53 |
Last Modified: | 27 Jul 2010 12:53 |
Repository Staff Only: item control page