ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DAN LOYALITAS MAHASISWA (STUDI KASUS PADA UNDARIS UNGARAN)

Prasetyaningrum, Indah Dwi (2009) ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DAN LOYALITAS MAHASISWA (STUDI KASUS PADA UNDARIS UNGARAN). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
418Kb

Abstract

Facing the global market and the national development program, the factor of human resource competency is very essential. This condition makes the government, especially in higher education institution to provide human resources with competencies. Higher education institution as an educational organization is demanded to give best services for the community that at last in return will drive the higher education institution to move forward. The aim of this research is to analyze the impact variables of the learning quality and the service quality on satisfaction and loyalty of the student of Undaris Ungaran in Central Java. This research use a survey method, the data is collected by having questionnaires of 170 respondents. The population of this research is 1144 students of Undaris Ungaran that were started in the academic year of 2004 / 2005 to 2008 / 2009. It is decided that the sample of this research is 150 students. The sampling method of this research is purposive sampling that has certain criteria. Then, the data is analyzed with Structural Equation Modelling (SEM) under AMOS 4.0 computer program with maximum likelihood estimation. According to the result it is concluded that the student loyalty can be improved by improving the learning quality that will improve the student satisfaction. The student loyalty can also be improved by improving the service quality that will improve the student satisfaction. This conclusion is based on the CR value which is in amount of 2,933. It confirms the hypothesis which stated that there is a positive effect between learning quality variable on the student satisfaction variable. The results of this research also find that there is a positive impact between service quality variable on the student satisfaction variable. It is shown by the CR value which is in amount of 4,492. Finally, the CR = 5,432 shows that there is a positive effect between student satisfaction variable on the student loyalty variable. Memasuki era kompetisi dalam pasar global dan pembangunan nasional seutuhnya, faktor Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi tinggi merupakan hal yang mutlak diperlukan. Kondisi tersebut semakin mendorong pemerintah, khususnya dunia pendidikan termasuk perguruan tinggi untuk segera menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tinggi. Perguruan Tinggi sebagai suatu lembaga penyedia jasa pendidikan dituntut dapat memberikan pelayanan yang mampu menciptakan kepuasan maksimal kepada masyarakat pengguna jasanya, yang pada gilirannya justru akan mampu mendorong kemajuan Perguruan Tinggi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel kualitas pembelajaran dan variabel kualitas pelayanan dalam hubungannya dengan kepuasan mahasiswa dan loyalitas mahasiswa Undaris Ungaran. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei, data diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada 170 responden. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Undaris Ungaran mulai tahun akademik 2004 / 2005 sampai dengan tahun akademik 2008 / 2009, yaitu sebanyak 1144 mahasiswa. Sampel yang diambil ditetapkan sejumlah 150 mahasiswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Data dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan program AMOS 4.0 dengan maximum likelihood estimation. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa loyalitas mahasiswa dapat dibangun dari variabel pembelajaran melalui variabel kepuasan mahasiswa. Loyalitas mahasiswa juga dapat dibangun dari variabel kualitas pelayanan melalui variabel kepuasan mahasiswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai CR = 2,933 yang membuktikan hipothesis yang menyatakan bahwa antara variabel pembelajaran terhadap variabel kepuasan mahasiswa terdapat pengaruh positif. Hasil penelitian ini juga membuktikan hipothesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai CR = 4,492. Sedangkan nilai CR = 5,432 menunjukkan pengaruh positif antara variabel kepuasan mahasiswa terhadap variabel loyalitas mahasiswa.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:17785
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:27 Jul 2010 12:42
Last Modified:27 Jul 2010 12:42

Repository Staff Only: item control page