PENYELESAIAN KLAIM ASURANSI KESEHATAN DI. PT ASKES (PERSERO) CABANG UTAMA SEMARANG

SOFYANTO , WIDYA (2009) PENYELESAIAN KLAIM ASURANSI KESEHATAN DI. PT ASKES (PERSERO) CABANG UTAMA SEMARANG. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
320Kb

Abstract

Indonesian Government on demand to improve public health especially wealthy on health a spect have a program that called Health Insurance (ASKES) which is a government program on health keeping that made for a certain group which is Civilian Government Employee type, retirement money receiver and their family. Civilian Government Employee is apart of Country substance, Country servant and public servant to enroll the government and to execute development in order to reach national aims. The fluentcy of national development mainly depend on civilian government. The objectives of research is about the execution of health insurance claim on PT. ASKES (Persero) Semarang main branch, to know about/ find out what kinds of obstacles and effort of PT. ASKES made to do if claim was not fullfilled. The research method is empirical yudicial which is a research that emphacizing the facts obtained from the research result based on scientific method and also according to laws theory and local acts. Based on this research result can be determind. Payment process of health insurance claim at PT. ASKES it has two ways which are personal claim and collective claim so the PT. ASKES member can understand how the claim processes are exexcuted. To find out the obstacles and efforts of PT. ASKES if the claim are not fullfilled. PT. ASKES (Persero) Indonesia tried to give social assurance to the members of health Insurance, but in the other hard, the members should understand rights and obligation and follow the rules have been made, therefore the members have to complete the requirements and procedures of PT. ASKES (Persero) Indonesia. PT. ASKES (Persero) Indonesia give on instruction to all regional and branch office in Indonesia to operate administrative service of social ASKES member according to instruction regulation, proper and responsibility. Pemerintah Indonesia di dalam memajukan kesehatan masyarakat terutama kesejahteraan di bidang kesehatan mempunyai suatu program yang disebut Asuransi Kesehatan (ASKES) yaitu program pemerintah dalam memelihara kesehatan yang ditujukan kepada suatu kelompok tertentu yaitu Golongan Pegawai Negeri Sipil, penerima pensiun dan keluarganya. Pegawai Negeri Sipil adalah unsur aparatur negara, abdi negara dan abdi masyarakat untuk menyelenggarakan pemerintahan dan melaksanakan pembangunan dalam rangka usaha mencapai tujuan nasional. Kelancaran pembangunan nasional terutama tergantung kepada Pegawai Negeri Sipil. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah tentang penyelesaian klaim asuransi kesehatan di PT. ASKES (Persero) cabang utama Semarang, Untuk mengetahui hambatan-hambatan apa dan upaya-upaya apa saja yang dilakukan PT. ASKES apabila klaim tidak terpenuhi. Metode pendekatan yang digunakan yaitu yuridis empiris yaitu suatu penelitian yang menekankan pada fakta-fakta yang diperolehnya dari hasil penelitian yang didasarkan pada metode ilmiah serta juga berpedoman pada teori-teori hukum dan perundang-undangan yang ada. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dapat ditemukan : penyelesaian pembayaran klaim asuransi kesehatan di PT. ASKES (Persero) Indonesia mempunyai 2 (dua) cara yaitu dengan klaim perorangan dan klaim kolektif. Sehingga peserta Askes dapat mengetahui bagaimana penyelesaian klaim tersebut dapat dilaksanakan. Untuk mengetahui hambatan-hambatan apa dan upaya-upaya apa saja yang dilakukan PT. ASKES apabila klaim tidak terpenuhi. PT. ASKES (Persero) Indonesia berupaya untuk memberikan jaminan sosial kepada peserta Asuransi Kesehatan, tetapi dalam hal ini peserta harus mengetahui hak dan kewajibannya serta harus mengikuti peraturan yang ada, oleh karena itu peserta harus memenuhi persyaratan dan prosedur-prosedur yang telah ditetapkan oleh kantor PT. ASKES (Persero) Indonesia. Upaya PT. ASKES (Persero) Indonesia adalah Mengintruksikan kepada seluruh Kantor Regional dan Kantor Cabang di Seluruh Indonesia, untuk melaksanakan Pelayanan administrasi Peserta Askes Sosial sesuai pedoman secara tertib dan bertanggung jawab.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Notary
ID Code:17713
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:27 Jul 2010 10:33
Last Modified:27 Jul 2010 10:33

Repository Staff Only: item control page