SUKADI, IBNU (2008) MODEL PEMANFAATAN PRASARANA BELAJAR DI LUAR SEKOLAH DALAM RUANG KOTA ( Studi Kasus Kota Pati ) ( LEARNING INFRASTRUCTURE OUT OF SCHOOL IN CITY SPACE (Case Study In Pati). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 939Kb |
Abstract
Pada kasus Kota Pati, akselerasi pendidikan kecakapan hidup yang berlangsung di sekolah-sekolah, terkendala oleh terbatasnya sarana dan prasarana pendidikan. Pada sisi lain, sarana dan prasarana tersebut banyak dijumpai di luar sekolah, telah dimanfaatkan oleh para siswa untuk belajar akan tetapi belum secara optimal. Salah satu sebabnya adalah kurangnya pemahaman tentang pemanfaatan terutama yang berkaitan dengan aspek geografisnya. Bertolak dari permasalahan di atas, research question yang hendak dikaji adalah: Bagaimana pemanfaatan sarana dan prasarana belajar luar sekolah dalam ruang perkotaan apabila dikaitkan dengan pola penyebaran dan pola gerak dalam pemanfaatannya. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pemanfaatan sarana dan prasarana belajar luar sekolah oleh para siswa dalam ruang Kota Pati apabila dikaitkan dengan pola penyebaran sekolah dan sarana yang ada serta pola gerak siswa yang memanfaatkannya. Lingkup penelitian adalah semua sarana dan prasarana yang ada di Kota Pati yang dimanfaatkan oleh siswa SMP, SMA dan SMK yang juga berada di Kota Pati. Adapun fokus penelitian diarahkan pada pola penyebaran dan pola pergerakan yang terkait dengan pemanfaatannya. Dengan teknik purposive sampling ditentukan 372 siswa sebagai sampel terpilih dari seluruh siswa yang berjumlah 5.231 orang. Melalui analisis pola penyebaran sekolah dan pola penyebaran prasarana belajar luar sekolah yang dilakukan dengan metode nearest-neighbour statistic, pemetaan pola gerak siswa pengguna dan analisis statistik didapatkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pola penyebaran sekolah dan prasarana belajar luar sekolah cenderung mengelompok. Dari pola penyebaran ini terbentuklah empat buah cluster yang dijadikan sebagai dasar pemodelan. Pola gerak siswa pengguna pada masing-masing cluster bersifat variatif dengan dipengaruhi oleh faktor jarak, faktor keamanan, kenyamanan, pelayanan serta kualitas alat. Model pemanfaatan prasarana belajar luar sekolah yang direkomendasikan adalah model pemanfaatan optimal dengan pola minimalisasi jarak, disertai dengan peningkatan kualitas keamanan, kenyamanan, pelayanan serta kualitas alat. Bagi sekolah, keterbatasan sarana dan prasarana yang ada dapat diatasi dengan memanfaatkan sarana dan prasarana luar sekolah secara lebih intensif untuk mendorong implementasi school based management serta contextual teaching and learning .Intensifikasi pemanfaatan tersebut hendaknya berpedoman pada model yang direkomendasikan. In the case of Pati, acceleration of life skills education taking place on schools, constrained by limitation of education infrastructures. On the other side, the infrastructures found excessively beyond schools, had used by students to study but not optimally yet. This condition may caused by the less of understanding about their benefits, particularly on relation with geographical aspect. Starting from stated problems, question research which will be studied is: How facilities and basic facilities exploiting learn outside go to school in urban space if related to spreading pattern and pattern move in its exploiting ? The main purpose of this research is to find the use model of outside school infrastructures used by students in city space of Pati related with spreading pattern and students mobility pattern. The scope of this research is all outside school infrastructures in Pati used by students of junior high school, senior high school, and other same degree schools. As for research focus aimed at spreading pattern and mobility pattern which is related to its exploiting. By purposive sampling technique, it is fixed amount 372 students as sample research from total 5231 students. By analyzing , mapping mobility pattern, and by statistical analysis, the result of this research show that schools spreading pattern and outside school infrastructures dispose clustering. From this spreading pattern is formed by four cluster taken as based models. Students mobility pattern are variative , influenced by distance factor, security factor, comfortability factor, services factor, and tools quality. The use model recommended from this research is optimal use model with distance minimalization pattern, along with improvement in quality of security, comfortability, services, and tools quality. To school, limitation of existing facilities and basic facilities can be overcome by exploiting external facilities and basic facilities of school morely intensive to push management based school implementation and also learning and teaching contextual
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Urban and Regional Planning |
ID Code: | 17693 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 27 Jul 2010 09:54 |
Last Modified: | 27 Jul 2010 09:54 |
Repository Staff Only: item control page