Perbandingan Penyuluhan Kesehatan Metode Ceramah Tanya Jawab Dengan Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Buku Kecacingan Dalam Mencegah Reinfeksi Ascaris lumbricoides Pada Anak Sekolah Dasar

Pasaribu, Hotber ER (2005) Perbandingan Penyuluhan Kesehatan Metode Ceramah Tanya Jawab Dengan Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Buku Kecacingan Dalam Mencegah Reinfeksi Ascaris lumbricoides Pada Anak Sekolah Dasar. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
458Kb

Abstract

Objective. The Prevalence of Ascaris lumbricoides infection among school children in several areas in Indonesia is still high. The objective of this study is to compare health promotion by active learning and helminth comic book to prevent Ascaris lumbricoides reinfection. Methods. This is a quasy experimental study. The investigation was carried out in a poor rural area in Sub-district of Kalikayen, Semarang, Central Java. Population of the study were 1st and 2nd grade students of Kalikayen 01 – 02 Primary Schools. The stools of 146 students from two primary schools were examined by Kato-Katz technique to define worm infection. The infected children were treated with single dose pyrantel pamoate 10 mg per kilogram body weight. Reexamination of stools specimen was done one week after treatment to determine whether the worm have been eliminated. After treatment the students from 01 Primary School were given intervention with health promotion by active learning and the students from 02 Primary School were given intervention with helminth comic. Three months later, we reexamined their stools and evaluated their behavior and knowledge. Result. After health promotion the health behavior and health knowledge was improved. The improvement of behavior can prevent ascariasis reinfection (p < 0,01).There was no statistically significant difference (p = 0,596) between these two health promotion methods to prevent Ascaris lumbricoides reinfection. Conclusion. After health promotion, mean value for Attitude Knowledge Practice were increase. Active learning shown better result then helminth comic. In order to prevent ascariasis reinfection, active learning was not significantly different from helminth comic. Latar belakang. Prevalensi ascarasis pada anak usia sekolah dasar masih cukup tinggi. Pengobatan kecacingan tanpa disertai perubahan praktek kesehatan akan menyebabkan angka reinfeksi ascariasis tetap tinggi. Perubahan praktek kesehatan dapat dilakukan melalui penyuluhan kesehatan. Terdapat berbagai metode yang dapat digunakan dalam penyuluhan kesehatan. Penelitian ini membandingkan penyuluhan metode ceramah tanya jawab dengan penyuluhan menggunakan buku kecacingan dalam mencegah reinfeksi ascariasis. Metoda. Penelitian ini merupakan suatu eksperimental quasy yang terletak di Desa Kalikayen Ungaran. Populasi penelitian berasal dari murid kelas 1 dan murid kelas 2 Sekolah Dasar Kalikayen. Seluruh subjek berjumlah 146 orang. Skrining ascariasis dengan menggunakan teknik kualitatif Kato-Katz. Murid sekolah yang positif ascariasis diobati dengan pyrantel pamoat. Selanjutnya pada kedua kelompok murid dilakukan penyuluhan kesehatan setiap minggu selama tiga bulan. Pada SD 01 diberikan penyuluhan metode ceramah, sedangkan di SD 02 menggunakan buku kecacingan. Tiga bulan kemudian kembali dilakukan pemeriksaan feces untuk menilai ascariasis. Hasil. Terdapat peningkatan PSP setelah dilakukan penyuluhan kesehatan (p < 0.01). Metode ceramah lebih baik dari metode buku kecacingan dalam meningkatkan rerata pengetahuan (p = 0.02), namun tidak terdapat perbedaan yang bermakna pada rerata sikap dan praktek kesehatan. Tidak terdapat perbedaan antara kedua metode penyuluhan dalam mencegah reinfeksi ascariasis (p = 0.595). Kesimpulan. Terjadi kenaikan nilai rerata PSP setelah dilakukan penyuluhan kesehatan. Penyuluhan metode ceramah lebih baik dari pada penyuluhan menggunakan buku kecacingan. Tidak terdapat perbedaan bermakna antara penyuluhan metode ceramah dengan penyuluhan menggunakan buku kecacingan dalam mencegah reinfeksi ascariasis

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Biomedical Science
ID Code:17659
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:27 Jul 2010 09:12
Last Modified:27 Jul 2010 09:12

Repository Staff Only: item control page