KAJIAN PERANAN KELUARGA DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA NELAYAN DI KABUPATEN JEPARA (STUDI KASUS DI KELURAHAN JOBOKUTO)

SUTOPO, HINDHU (2008) KAJIAN PERANAN KELUARGA DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA NELAYAN DI KABUPATEN JEPARA (STUDI KASUS DI KELURAHAN JOBOKUTO). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
125Kb

Abstract

Pembangunan perikanan telah cukup lama terus ditingkatkan melalui berbagai upaya untuk meningkatkan pendapatan atau kesejahteraan nelayansebagai tujuan utama pembangunan perikanan selain tujuan-tujuan lain.Untuk menghasilkan tambahan pendapatan dalam keluarga nelayan, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melibatkan anggota keluarga, terutama istri nelayan. Fenomena tersebut nampaknya tidak jauh berbeda dengan kehidupan masyarakat pesisir yang tinggal di Kelurahan Jobokuto, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Dengan kondisi perikanan yang tergolong produktif dibanding daerah-daerah lain se Kabupaten Jepara, maka banyak pula istri nelayan maupun anggota keluarga nelayan yang ikut mencari nafkah untuk menambah pendapatan keluarga. Masalahnya adalah sampai seberapa jauh peranan, curahan waktu dan sumbangan pendapatan yang dapat dilakukan oleh anggota keluarga, khususnya istri nelayan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah melihat besarnya peranan anggota keluarga nelayan maupun istri nelayan dalam upaya meningkatkan pendapatan nelayan. Penelitian dilaksanakan 2 bulan pada tahun 2005 dengan mengambil lokasi di Kelurahan Jobokuto, Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara. Sampel nelayan dan anggota keluarga diambil sebanyak 15 orang untuk masing-masing strata nelayan yang dibedakan atas nelayan juragan, nelayan jurag, dan nelayan pandega biasa. Analisis statistik nonparametrik yang berupa Uji Kruskal-Wallis digunakan untuk mengukur perbandingan atau perbedaan antara tiga strata yang dijadikan perlakuan dalam penelitian ini. Sedangkan Uji Koefisien Spearman ditujukan untuk menganalisis korelasi atau keeratan hubungan antara dua perubah varaiabel yang tidak diketahui sebarannya. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pendapatan total keluarga nelayan antara strata ternyata berbeda, demikian juga pendapatan yang diperoleh anggota keluarga atau istri nelayan. Meskipun ada korelasi positif antara pendapatan anggota keluarga atau istri nelayan dengan pendapatan total keluarga nelayan, tetapi tidak ada korelasi antara curahan waktu kerja istri nelayan dengan pendapatan yang diperolehnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan agar hendaknya pembangunan perikanan, utamanya di wilayah pesisir diupayakan terus dan ditujukan bagi peningkatan taraf hidup masyarakat nelayan. Upaya meningkatkan pendapatan nelayan dapat dilakukan dengan melibatkan peran anggota keluarga, terutama istri nelayan. Oleh karena itu, peluang kerja dan kesempatan berusaha hendaknya terus ditingkatkan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Coastal Resource Management
ID Code:17653
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:27 Jul 2010 09:07
Last Modified:27 Jul 2010 09:07

Repository Staff Only: item control page