REAKSI PASAR SEBELUM DAN SESUDAH PUBLIKASI LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2004-2006

RAHMAN, HERVI ANDITA (2008) REAKSI PASAR SEBELUM DAN SESUDAH PUBLIKASI LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2004-2006. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
418Kb

Abstract

Efficient market hypothesis argues that share prices reflect all information in capital market. This means that decision made by investors, are reaction over information they get. Published financial statements consist of certain information of company. This research is intended to analysis market reaction on publication of financial information by examining the differences of stock return, abnormal return and trading volume between 3 days before trading and 3 days after trading. This research used 20 banking firms as sample and all data were gathered from ICMD and financial statement published by the company. For analysis this research used T-paired test to examine such differences. Result of this research indicate that all variable showed that there were no differences in abnormal return and trading volume 3 day before and 3day after publication in financial statement. This mean that investors did not react to information published in financial statement. Hipotesis pasar efesiensi menyatakan bahwa harga saham merifleksikan semua informasi yang ada di pasar modal. Dengan kata lain, keputusan investasi yang diambil investor merupakan sebuah reaksi atas informasi yang mereka terima. Laporan keuangan yang dipublikasikan berisi informasi yang spesifik tentang perusahaan. Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan rata-rata return saham, abnormal return dan volume perdagangan 3 hari sebelum dan 3 hari setelah tanggal publikasi laporan keuangan. Perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta periode 2004-2006. Jumlah perusahaan perbankan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 20 perusahaan perbankan. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) serta laporan keuangan yang dipublikasi oleh perusahaan sampel. Uji t Paired Test juga dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan reaksi investor dengan adanya sebelum publikasi laporan keuangan dan sesudah publikasi laporan keuangan yang dilihat dari return saham, abnormal return dan volume perdagangan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pada abnormal return dan volume perdagangan dari 3 hari sebelum dan 3 hari sesudah publikasi laporan keuangan. Hal ini berarti bahwa investor tidak bereaksi terhadap informasi yang dipublikasikan pada laporan keuangan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:17611
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:27 Jul 2010 08:31
Last Modified:27 Jul 2010 08:31

Repository Staff Only: item control page