PERLINDUNGAN HUKUM ATAS MEREK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 15 TAHUN 2001 TENTANG MEREK (STUDI TERHADAP PRODUK MAKANAN KHAS – WINGKO BABAT DI KOTA SEMARANG)

Vonarya,, Vonarya, (2007) PERLINDUNGAN HUKUM ATAS MEREK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 15 TAHUN 2001 TENTANG MEREK (STUDI TERHADAP PRODUK MAKANAN KHAS – WINGKO BABAT DI KOTA SEMARANG). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
389Kb

Abstract

In order to achieve the law protection on the brand, there is an obligation to complete the brand registration as governed upon Section 3 Code Number 15 Year 2001 on the Brand. The Section governs the registered brand within the Brand Public List in order to make the brand owner to have the exclusive right on the brand. If the brand is not registered upon the Brand Public List that is proved by the existence of the brand certificate, it will be difficult to achieve the law protection on the brand. The purpose of the thesis is to acknowledge the execution of the law protection againts the brand owner of the special culinary product of wingko babat in Semarang City and to acknowledge the background factors of the completion willingness of the registration of the brand on the special culinary product of wingko babat in Semarang City by the producer. The thesis used juridical empirical as the approach method since the research used literature (secondary data) and the society direct data (primary data). The writing specification was descriptive analytical which provided detail, complete, and systematic description upon the present reality that was upon the execution of the law protection on the brand for the justified owner of the brand based upon the Code Number 15 Year 2001 on the Brand. The research result shows that not entire product of wingko babat sold in Pandanaran Street has the certificate of the brand within the package. Registration is an obligation for the producer of the product of wingko babat that has brand within the package based upon Section 3 Code Number 15 Year 2001 on the Brand. The main factor what makes the owner of the brand to registrate their product brand is to get the legal certainty. While, the factor what makes the other owner of the brand not to registrate their product brand is because of the expensive cost. Guna memperoleh perlindungan hukum atas merek, wajib dilakukan pendaftaran merek sebagaimana diatur dalam Pasal 3 Undang-undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek. Pasal tersebut mengharuskan adanya merek yang terdaftar dalam Daftar Umum Merek agar pemilik merek tersebut dapat memperoleh hak eksklusif atas mereknya. Apabila suatu merek belum terdaftar dalam Daftar Umum Merek yang dibuktikan dengan adanya sertifikat merek, maka akan sulit memperoleh perlindungan hukum atas suatu merek. Tujuan dari penyusunan tesis ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perlindungan hukum terhadap pemilik merek produk makanan khas – wingko babat di kota Semarang dan mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi didaftarkan dan tidak didaftarkannya merek atas produk makanan khas – wingko babat di kota Semarang oleh para produsennya. Metode yang digunakan dalam penulisan tesis ini adalah metode pendekatan yuridis empiris karena penelitian hukum ini menggunakan data dari bahan-bahan pustaka (data sekunder) dan data yang diperoleh langsung dari masyarakat (data primer). Spesifikasi penulisan adalah deskriptif analitis, yaitu memberikan gambaran secara rinci, menyeluruh, dan sistematis mengenai kenyataan yang terjadi, yaitu mengenai pelaksanaan perlindungan hukum atas merek bagi pemilik yang berhak atas suatu merek berdasarkan Undang-undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek. Hasil penelitian menggambarkan bahwa tidak semua merek wingko babat yang dijual di Jalan Pandanaran Semarang mempunyai sertifikat merek. Pendaftaran wajib dilakukan produsen wingko babat yang sudah memakai merek pada kemasannya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 Undang-undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek. Faktor utama yang melatarbelakangi didaftarkannya merek tersebut oleh pemiliknya adalah untuk memperoleh kepastian hukum. Sedangkan faktor yang melatarbelakangi tidak didaftarkannya merek tersebut oleh pemiliknya adalah karena biaya yang mahal.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:17610
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:27 Jul 2010 08:30
Last Modified:27 Jul 2010 08:30

Repository Staff Only: item control page