EVALUASI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PENINGKATAN KUALITAS SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 SURAKARTA

CHUSNAH , UMMUL (2008) EVALUASI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PENINGKATAN KUALITAS SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 SURAKARTA. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1019Kb

Abstract

The relationship management between school and society is one of components to be managed well in School Based Management because the relationship plays an important role in developing and improving the personality of the students. When the relationship between school and society goes well, the responsibility and the participation of the society in developing school runs well either. The same goes for SMA 1 Surakarta. As an international standard school, educational infrastructures quality improvement program is needed to adjust with international standards. Accordingly citizen participation in the program is in great demand, then it causes a question: how is the citizen participation in performing educational infrastructures quality improvement program in SMA 1 Surakarta. The aim of the research is to evaluate citizen participation in performing educational infrastructure quality improvement program in SMA 1 Surakarta. And the targets are: indentifying the programs performed in SMA 1 Surakarta, identifying educational infrastructures in SMA 1 Surakarta, identifying citizen participation in SMA 1 Surakarta, analyzing the implementation of educational infrastructures quality improvement program in SMA 1 Surakarta, and evaluating the citizen participation in performing educational infrastructures quality improvement program in SMA 1 Surakarta. The methods used in analyzing the research are qualitative analysis, quantitative analysis and frequency distribution analysis. Qualitative analysis is used to identify the programs performed in SMA 1 Surakarta, identify the educational infrastructures in SMA 1 Surakarta, and identify the citizen participation in SMA 1 Surakarta. To analyze the implementation of educational infrastructures quality improvement program in SMA 1 Surakarta is used quantitative analysis and frequency distribution analysis. To evaluate the citizen participation in performing educational infrastructures quality improvement program in SMA 1 Surakarta is used qualitative analysis, quantitative analysis and frequency distribution analysis. The results of the analysis is the outsanding form of citizen participation is expressing advice and suggestion. And the rung of participation referring to Arnstein tipology is in placation category. In this fifth ladder, placation means that the society already has the influence although in some ways are still made by powerholders to judge the legitimacy of the advice. The data of the respondents are mostly male, 40-50 years old, postgraduates, teacher/lecture as well as enteprenuer and well-earned Salah satu komponen yang harus dikelola dengan baik dalam Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah manajemen hubungan sekolah dan masyarakat. Karena hubungan antara sekolah dengan masyarakat pada hakikatnya merupakan suatu sarana yang sangat berperan dalam membina dan mengembangkan pertumbuhan pribadi peserta didik di sekolah. Jika hubungan sekolah dengan masyarakat berjalan baik, maka rasa tanggung jawab dan partisipasi masyarakat untuk memajukan sekolah juga akan baik. Demikian halnya yang semestinya terjadi di SMA Negeri 1 Surakarta. Sebagai sekolah yang ditunjuk Departemen Pendidikan Nasional sebagai sekolah bertaraf internasional, maka diperlukan program peningkatan kualitas sarana prasarana pendidikan yang sesuai dengan standar internasional. Dengan demikian, partisipasi masyarakat dalam program tersebut sangat dibutuhkan. Maka timbul suatu pertanyaan: bagaimanakah partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program peningkatan kualitas sarana prasarana pendidikan di SMA Negeri 1 Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program peningkatan kualitas sarana prasarana pendidikan di SMA Negeri 1 Surakarta. Adapun sasarannya adalah: mengidentifikasi program-program yang telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Surakarta, mengidentifikasi sarana prasarana pendidikan di SMA Negeri 1 Surakarta, mengidentifikasi partisipasi masyarakat di SMA Negeri 1 Surakarta, menganalisis pelaksanaan program peningkatan kualitas sarana prasarana pendidikan di SMA Negeri 1 Surakarta dan mengevaluasi partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program peningkatan kualitas sarana prasarana pendidikan di SMA Negeri 1 Surakarta. Metode yang digunakan dalam melakukan analisis penelitian ini adalah analisis kualitatif, analisis kuantitatif dan analisis distribusi frekuensi. Analisis kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi program-program yang telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Surakarta, mengidentifikasi sarana prasarana pendidikan di SMA Negeri 1 Surakarta, mengidentifikasi partisipasi masyarakat di SMA Negeri 1 Surakarta. Untuk menganalisis pelaksanaan program peningkatan kualitas sarana prasarana pendidikan di SMA Negeri 1 Surakarta menggunakan analisis kualitatif dan analisis distribusi frekuensi. Untuk mengevaluasi partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program peningkatan kualitas sarana prasarana pendidikan di SMA Negeri 1 Surakarta menggunakan analisis kualitatif, analisis kuantitatif dan analisis distribusi frekuensi. Dari hasil analisis diketahui bahwa bentuk partisipasi masyarakat yang menonjol adalah dengan menyampaikan usulan dan gagasan. Adapun tingkat partisipasi yang mengacu pada tipologi Arnstein termasuk dalam kategori placation. Dalam tangga kelima ini, masyarakat telah memiliki beberapa pengaruh meskipun dalam beberapa hal masih ditentukan oleh pihak yang memiliki kekuasaan. Adapun data responden adalah sebagian besar berjenis kelamin laki-laki, berusia antara 40-50 tahun, berpendidikan sarjana strata 2, memiliki pekerjaan sebagai guru/dosen dan wiraswasta serta berpenghasilan cukup tinggi.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Urban and Regional Planning
ID Code:17569
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:27 Jul 2010 07:42
Last Modified:21 Jun 2011 16:41

Repository Staff Only: item control page