PERSEPSI ODHA (ORANG DENGAN HIV DAN AIDS) TERHADAP PEMBERIAN PELAYANAN KESEHATAN OLEH PETUGAS KESEHATAN (STUDI KASUS DI RSUP DR SARDJITO YOGYAKARTA)

PRATIWI, SINDY (2009) PERSEPSI ODHA (ORANG DENGAN HIV DAN AIDS) TERHADAP PEMBERIAN PELAYANAN KESEHATAN OLEH PETUGAS KESEHATAN (STUDI KASUS DI RSUP DR SARDJITO YOGYAKARTA). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
6Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

AIDS merupakan masalah kesehatan internasional yang perlu seger ditanggulangi. AIDS berkembang secara pandemi hampir di setiap negara di dunia, termasuk Indonesia. meningkatnya jumlah ODHA, seharusnya diikuti dengan peningkatan pelayanan kesehatan untuk mereka. pentingnya kebutuhan akan pelayanan kesehatan bagi ODHA agar ODHA dapat tetap dapat memelihara kesehatan dan mencegah terjadinya perkembangan infeksi opportunistic. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gambaran mengenai persepsi ODHA terhadap pemberian pelayanan kesehatan oleh petugas kesehatan (studi kasus di RSUO dr. Sardjito). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah ODHA yang melakukan pemeriksaan di RSUp dr. Sradjito berjumlah 6 orang. Analisis data menggunakan analisis deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ODHA mengetahui kerentannnya dalam menularkan kepada orang lain, yakni untuk tidak menggunakan jarum suntik bersama-sama, melakukan hubungan seks dengan pengaman, dan menutup luka terbuka, namun jika hanya makan bersama, berjabat tangan dengan ODHA tidak akan menularkan kepada orang lain. ODHA merasakan bahwa sehat sangatlah pentong, ODHA akan terus melakukan oemeriksaan dan pemantauan kesehatan di rumah sakit. pengetahuan petugas kesehatan tentang HIV dan AIDS dalam memberikan pelayanan kesehatan di Klinik Edelwis sudah cukup baik, karena sebagian besar ODHA telah mengenal dan menjalin hubungan baik dengan petugas, namun untuk beberap petugas di bagian rawat inap, ODHA masih merasakan diskriminasi dengan kurangnya empati dari petugas kesehatan pada ODHA saat rawat inap. Kata Kunci: ODHA, persepi ODHA, pelayanan kesehatan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:17545
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:26 Jul 2010 11:34
Last Modified:26 Jul 2010 11:34

Repository Staff Only: item control page