MODEL IDEAL PELAYANAN UMUM KEPADA MASYARAKAT STUDI KASUS PELAYANAN UMUM KOTA BUKITTINGGI SUMATERA BARAT

MAYONA, HELGA (2009) MODEL IDEAL PELAYANAN UMUM KEPADA MASYARAKAT STUDI KASUS PELAYANAN UMUM KOTA BUKITTINGGI SUMATERA BARAT. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
866Kb

Abstract

Hakekatnya pemerintah daerah berupaya meningkatkan kapasitas pemerintah daerah sehingga tercipta kemampuan yang handal dalam menjalankan pemerintahan serta memberikan pelayanan yang kepada masyarakat yang sesuai dengan tujuan otonomi daerah, berdasarkan UU no. 32 Tahun 2004 pemerintah daerah dituntut untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan terhadap masyarakat, diera globalisasi ini masyarakat menuntut pelayanan yang cepat dan tepat. Namun kenyataannya masih banyak keluhan masyarakat yang berkaitan dengan pelaksanaan pelayanan yang telah diberikan oleh pemerintah, efektifitas pelayanan, prinsip pelayanan umum dan berbagai kendala yang timbul serta upaya pemerintah dalam melakukan model ideal terhadap pelayanan umum. Metode pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian hokum sosiologis dan sifat penelitiannya descriptif. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pelayanan umum di kota Bukittinggi pelaksanaannya terdiri dari 2 jenis yaitu yang bersifat teknis dan bersifat umum. Pelaksanaannya dimulai dari melengkapi persyaratan perizinan, prosedur pemberian izin dan retribusinya, dilihat dan efektifitas pelaksanaan pelayanan umum sudah dapat dikatakan cukup efektif berdasarkan point V lampiran keputusan Mentri Pendayagunaan Aparatur No.63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang pedoman umum penyelenggaraan pelayanan public. Kendala yang timbul ada bentuk perizinan yang masih ditentukan oleh instansi/dinas terkait dalam penyelenggaraannya dan secara bertahap diarahkan pada kantor pelayanan, kurangnya kesungguhan pemerintah memberikan pelayanan kepada masyarakat, masih adanya upaya masyarakat untuk berusaha mencari jalan pintas melalui petugas yang kurang disiplin, aspirasi masyarakat tidak dapat ditanggapi dengan cepat sebab perlu konfirmasi pejabat yang berkompeten untuk kesediaannya dating ke kantor pelayanan umum. Model ideal yang dilakukan pemerintah terhadap pelayanan umum adalah melakukan pelayanan yang professional artinya pelayanan yang memiliki akuntabilitas dan stabilitas dari pemberi pelayan yang efektif, sederhana, lebih mengutamakan pada pencapaian tujuan, dan sarana, transparan, ketetapan, ulet. Model ideal yang diberikan kepada masyarakat haruslah berkualtitas dan mereformasi paradigma pelayanan yang semula berorientasi pemerintah sebagai penyedia pelayan yang berorientasi pada masyarakat sebagai pengguna serta memberikan pelayanan yang efisien, tepat waktu, dengan biaya murah sehingga mereka memiliki legitimasi dalam masyarakat. Its Essence local government cope to improve the capacities local government so that created a reliable ability in running governance and also give the service which is to society matching with autonomous target area, pursuant to UU no. 32 Year 2004 local government claimed to increase service and prosperity to society, this globalization era is society claim the service which quickly and precisely. But in reality still a lot of society sighs of related to service execution which has been given by government, affectivity service, principal of public service and various constraints of arising out and also governmental effort in conducting ideal model to public service. Approach method [of] performed within this research is research of hokum sociologies and nature of its research is descriptive. From research result obtained conclusion that public service execution in its Bukittinggi town execution is consisted of 2 types that is having the character of technical and have the character of the public. Its execution is started from equipping permit conditions, procedure of permit gift and retribution it, seen and public effectively service execution have earned told effective enough pursuant to point V of decision enclosure Three Utilization of Apparatus No.63/Kep/M.Pan/7/2003 about public guidance of management of service public. Constraint of arising out there is form the permit which still be determined by institution on duty in its management and step by step aimed at a service office, lack of governmental seriousness give the service to society, there be still its strive the society to try to find the short cut of through worker which less discipline, society aspiration cannot be answered to swiftly cause of functionary confirmation which competence require to for the readiness of its is dating to public service office. The ideal model conducted by government to public service is conduct the service which its professional meaning is service owning accountability and stability from effective steward giver, simple, more majoring target attainment, and medium, transparent, decision, resilient. Ideal model is which is passed to a society shall quality and reform of service paradigm which from the beginning orient government as supplier steward orienting at society as consumer and also give the efficient service, timely, with the cheap expense so that they own the legitimacy in society.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Law
ID Code:17540
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:26 Jul 2010 11:17
Last Modified:26 Jul 2010 11:17

Repository Staff Only: item control page