ANALISIS PENGARUH TINGKAT UPAH, UMUR, PENDIDIKAN, TINGKAT PENGHASILAN SUAMI DAN JUMLAH ANAK TERHADAP CURAHAN JAM KERJA BURUH WANITA BERSTATUS MENIKAH (STUDI KASUS INDUSTRI KECIL KAB. KUDUS)

JAYA, Nurul Ichlasiah and HANDAYANI, Herniwati Retno (2009) ANALISIS PENGARUH TINGKAT UPAH, UMUR, PENDIDIKAN, TINGKAT PENGHASILAN SUAMI DAN JUMLAH ANAK TERHADAP CURAHAN JAM KERJA BURUH WANITA BERSTATUS MENIKAH (STUDI KASUS INDUSTRI KECIL KAB. KUDUS). PERPUSATAKAAN FE UNDIP.

[img]
Preview
PDF - Published Version
71Kb

Abstract

ABSTRAK Melihat banyaknya wanita yang berpartisipasi dalam pasar kerja mengindikasikan bahwa wanita adalah sumber daya yang potensial bagi pembangunan. Namun demikian potensi kaum wanita yang relatif besar belum dimanfaatkan secara optimal bila dilihat dari curahan jam kerja buruh wanita di Kabupaten Kudus yang masih rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat upah, umur, pendidikan, tingkat penghasilan suami dan jumlah anak terhadap curahanjam kerja buruh wanita. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda atau Ordinary Least Square Square (OLS) dengan curahan jam kerja sebagai variabel dependen dan lima variabel independen yaitu tingkat upah, umur, pendidikan, tingkat penghasilan suami dan jumlah anak. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan 100 orang responden di Kabupaten Kudus. Hasil pengolahan data menunjukkan nilai F sebesar 124,558 dengan tingkat probabilitas 0,00 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,86. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa variabel tingkat upah, umur, pendidikan dan tingkat penghasilan suami merupakan variabel independen yang berpengaruh secara signifikan terhadap curahan jam kerja buruh wanita. Sedangkan jumlah anak tidak berpengaruh secara signifikan terhadap curahan jam kerja. Kata Kunci : Buruh wanita, curahan jam kerja, tingkat upah, umur, tingkat pendidikan, tingkat penghasilan suami, jumlah anak.

Item Type:Other
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
ID Code:17520
Deposited By:Mr. Perpustakaan Ekonomi
Deposited On:26 Jul 2010 09:25
Last Modified:26 Jul 2010 09:25

Repository Staff Only: item control page