ANAI.ISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR PRODUKSI PADA INDUSTRI PATI UBI KAYU DENGAN PRODUK PATI KERING DI KABUPATEN PATI (Studi Kasus di Desa Ngemplak Kidul Keeamatan Margoyoso Kabupaten Pati)

HENDERATNANTO, Henderatnanto and HAYATI, Banatul (2009) ANAI.ISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR PRODUKSI PADA INDUSTRI PATI UBI KAYU DENGAN PRODUK PATI KERING DI KABUPATEN PATI (Studi Kasus di Desa Ngemplak Kidul Keeamatan Margoyoso Kabupaten Pati). PERPUSATAKAAN FE UNDIP.

[img]
Preview
PDF - Published Version
78Kb

Abstract

Pengembangan industri tidak hanya terfokus pada industri besar yang menggunakan teknologi canggih, tetapi juga pada industri kecil danrumah tangga yang kebanyakan berada di pedesaan, Salah satu industri yang berkembang di pedesaan adalah industri yang berbasis pertanian, yang lebih dikenal dengan istilah agroindussrL Industri pati ubi kayo merupakan salah satu usaha agroindustri yang dewasa ini sedang berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efisiensi penggunaan faktor produksi yang meliputi efisiensi teknis, efisiensi harga/alokatifdanefisiensi ekonomi pada industri pati ubi kayu dengan produk pati kering di Desa Ngemplak KiduL Selain itu juga untuk menganalisis penerimaan dan pengeluaran pada industri tersebut. Sebanyak 62 orang pengusaha pati kering di Desa Ngemplak Kidul diambil sebagai sampeL Analisis data menggunakan estimasi fungsi nt'(1~11kgi ftont1Pr llPnoun rba"tll~nn cnfhAwto Pr^rntfav i+av"ivii %i~. .. J. Hasil estimasi menunjukkan bahwa nilai ratarata efisiensi teknis adalah 0,780, nilai efisiensi harga/alokatif sebesar 2,130 dan nilai efisiensi ekonomi adalah 1,661 . Dengan demilcian dapat disimpulkan bahwa efisiensi teknis, efisiensi harga/alokatif belum, dan efisiensi ekononri belum efisien sehingga mash dimungkinkan untuk menambah penggunaan faktor produksi tertentu agar mencapai kondisi yang efisien. Industri pati ubi kayu dengan produk pati kering ini masih cukup menguntungkan untuk dilelola, seperti ditunjukkan oleh nilai R/C rasionya sebesar 1,07. Kata kunci : efisiensi teknis, efisiensi harga/alokatif, efisiensi ekonomi, fungsi produksi frontier.

Item Type:Other
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Economics and Development Studies
ID Code:17475
Deposited By:Mr. Perpustakaan Ekonomi
Deposited On:26 Jul 2010 07:57
Last Modified:26 Jul 2010 07:57

Repository Staff Only: item control page