ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PEMASARAN DENGAN FAKTOR LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERAT (Studi pada industri kerajinan batik di Pekalongan)

Ismawanti, Eryanafita (2008) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PEMASARAN DENGAN FAKTOR LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERAT (Studi pada industri kerajinan batik di Pekalongan). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
300Kb

Abstract

This research aims to examine the influences of entrepreneurial orientation and creativity of marketing programs on marketing performance with the environment factor as a moderating variable. This research employs a quota sampling and 86 top management of batik industry in Pekalongan as respondents. This research uses moderator regression analysis and testing hypothesis using SPSS (Statistical Package for Social Science) for Windows program version 11. This research also test classic assumption test comprising a normality test, multicollinearity, and heteroscedasticity test. The data have normal distribution during inspection period. Based on multicollinearity and heteroscedasticity tests, there is no variable deviate from classic assumption. This thing indicate that the data have fulfilled requirement to use moderator regression analysis equation model. The result indicates that there are influences of entrepreneurial orientation and creativity of marketing programs on marketing performance with competitive environment factor. This research suggests to add independent variable influencing the marketing performance, because the marketing performance not only influenced by entrepreneurial orientation and creativity of marketing programs as well environment factor as moderating variable. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Orientasi Wirausaha dan Kreativitas Program Pemasaran terhadap Kinerja Pemasaran dengan Faktor Lingkungan sebagai variabel moderat. Teknik sampling yang digunakan adalah kuota, diambil sebanyak 86 responden para pemilik industri kecil kerajinan batik Pekalongan. Teknik analisis yang digunakan adalah moderator regression analysis (MRA) dan pengujiannya menggunakan program SPSS (Statistical Package for Social Science) for Windows versi 11. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas tidak ditemukan adanya variabel yang menyimpang dari asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan moderator regression analysis. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Orientasi Wirausaha dan Kreativitas Program Pemasaran terhadap Kinerja Pemasaran bila di dukung adanya Faktor Lingkungan yang kompetitif. Perluasan penelitian yang disarankan dari penelitian ini adalah menambah variabel independen yang mempengaruhi Kinerja Pemasaran, karena Kinerja Pemasaran tidak hanya dipengaruhi oleh Orientasi Wirausaha dan Kreativitas Program Pemasaran dengan Faktor Lingkungan sebagai variabel moderating.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:17426
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:23 Jul 2010 11:43
Last Modified:23 Jul 2010 11:43

Repository Staff Only: item control page