KARAKTERISTIK POLA PERJALANAN TRANSPORTASI PENDUDUK DAERAH PINGGIRAN

BERDIKARYATI, ENDANG DWI (2006) KARAKTERISTIK POLA PERJALANAN TRANSPORTASI PENDUDUK DAERAH PINGGIRAN. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
783Kb

Abstract

Untuk mendapatkan tempat tinggal di pusat kota saat ini sangatlah sulit terutama karena faktor harga yang relatif mahal. Maka bagi penduduk golongan menengah kebawah solusinya adalah mencari tempat tinggal di daerah pinggiran kota dengan konsekuensi jauh dari tempat kerja atau tempat pendidikan. Mengalirnya golongan ini dari daerah dekat pusat kota ke daerah pinggiran ternyata mempunyai dampak tersendiri. Pemikiran perlu diarahkan ke masa yang akan datang dimana kawasan perumahan di pinggiran kota yang semula sepi akan berkembang pesat menjadi kawasan perumahan yang padat penduduknya. Namun prasarana jalan yang dibangun pemerintah perkembangannya sangat lamban yang mengakibatkan lalulintas di jalan menjadi mudah macet dan pelayanan jalan cepat mengalami penurunan. Oleh karena itu usaha – usaha perencanaan guna mengantisipasi perkembangan daerah pinggiran kota Semarang sangat penting terutama terkait dengan masalah transportasi. Karena keterbatasan yang ada pada peneliti, maka pengumpulan data untuk keperluan analisa dilakukan dengan menggunakan sampel. Metode pengambilan sampel adalah sampling random proporsional yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara acak dari lokasi kecamatan yang diamati dengan memperhatikan golongan I (ekonomi lemah), golongan II (menengah) dan golongan III (ekonomi kuat) . Untuk menganalisa data digunakan analisa klasifikasi silang yang berguna untuk mengetahui karakteristik antar variabel pola perjalanan transportasi penduduk daerah pinggiran. Berdasarkan hasil analisa klasifikasi silang diketahui bahwa alasan kepindahan penduduk ke daerah pinggiran bagi penduduk menengah kebawah sebagian besar disebabkan pada saat mereka pindah, mereka baru berumah tangga, sedangkan alasan utama mereka memilih tempat tinggal di daerah pinggiran karena harga rumah / tanah / sewa relatif murah jika dibandingkan dengan tinggal di pusat kota walaupun dengan konsekuensi jarak ke tempat kerja / sekolah menjadi jauh. Sedangkan bagi penduduk menengah keatas alasan kepindahah ke daerah pinggiran adalah ingin mendapatkan rumah atau tanah yang lebih luas. Sebaran tujuan perjalanan untuk penduduk kecamatan Mijen dan Gunungpati sebagian besar hanya di sekitar wilyah kecamatannya masing – masing, sedangkan untuk penduduk kecamatan Ngaliyan, sebagian besar tujuan perjalanan mereka adalah berbagai kecamatan di Kota Semarang. Dari sisi moda yang digunakan, sebagian besar penduduk daerah pinggiran menggunakan sepeda motor untuk melakukan perjalanan sehari - hari. Penduduk kecamatan Ngaliyan dan Mijen sebagian besar menempuh jarak ke tempat aktifitas sehari – hari sejauh antara 1 – 5 km dengan lama perjalanan rata-rata antara 20 – 30 menit. Sedangkan penduduk kecamatan Gunungpati sebagian besar menempuh jarak ke tempat aktifitas sehari – hari sejauh 5 - 10 km dengan lama perjalanan antara 10 – 20 menit. To get residence in the center of the city is very difficult at this time especially because of the high-rising prices. For this reason, middle class and lower class residents solve the problem by looking for residence in the outskirts of town, but as a consequence they are far from their workplace and from schools. The flow of these middle class and lower class people to the outskirts of town has brought about a special impact. There should be special thinking directed towards the future, to the time when suburban housing areas which used to be sparsely populated rapidly develop into populous housing areas. It is unfortunate that since the progress in road constructions made by the government is slow, the traffic becomes easily jammed and road performance undergoes quick degradation. Therefore, it is important that there is careful planning to anticipate the growth of the outskirts of Semarang, especially related to the problem of transportation. Due to the researcher’s limitation, data collection for the purposes of analysis was carried out by using sample. The sampling method employed in this research was proportional random sampling, a method in which samples are chosen randomly from the districts under investigation by paying special attention to group I (the poor), group II (the middle class) and group III (the have) . To analyze the data, crosstab analysis was used which proved useful to know the characteristics of the variables of the transportation patterns of outskirts residents. Based on the result of the crossed classification analysis, it was found out that the reason for the middle class and lower class residents to move to the outskirts of town was because at the time when they moved they were newly married, whereas the main reason why the they chose residence in the outskirts of town was because of the lower price (or rent) of house and land in these areas compared to that in the downtown, disregarding the fact they become far from their workplace and from schools. While for middle and upper class residents, the reason for moving to the outskirts of town was to get bigger houses or wider land. Trip distribution for the residents of Mijen and Gunungpati districts is mostly spread only around the respective districts [i.e. Mijen and Gunungpati], while for the residents of Ngaliyan district, the targets of most of their trips are the various districts of Semarang city. From the point of view of moda used, most outskirts residents use the motorbike to do their daily trips. Residents of Ngaliyan and Mijen districts mostly cover the distance between their residence and the places of their daily activities (around 1 - 5 km) within 20 - 30 minutes. While those of Gunungpati district mostly cover the distance (5 - 10 km) within 10 - 20 minutes.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Civil Engineering
ID Code:17389
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:23 Jul 2010 10:17
Last Modified:23 Jul 2010 10:17

Repository Staff Only: item control page