MEMBANGUN LOYALITAS NASABAH MELALUI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DAN KEUNGGULAN PRODUK (Studi Empiris Pada PT. Bank Bukopin Tbk di Kota Semarang)

ARIYANI , FERLINA (2008) MEMBANGUN LOYALITAS NASABAH MELALUI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DAN KEUNGGULAN PRODUK (Studi Empiris Pada PT. Bank Bukopin Tbk di Kota Semarang). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
547Kb

Abstract

A Survey had done by the Institute of Service Management Studies shows that Bank Bukopin rank as the fourth best quality service bank (InfoBank No. 345, Edition of December 2007). However, based on MarkPlus and Biro Riset Infobank, Bank Bukopin was not included on the tenth position in Customer Loyalty especially in Saving Service. According to those problems, the aim of this study is to analyze the customer loyalty improvement in PT. Bank Bukopin through service quality improvement and product superiority improvement. In order to collect the data, 135 customers of Bukopin Saving Service of PT. Bank Bukopin were asked to answer the questionnaire. The questionnaire consists of closed question and opened question. The answer of the closed question that represent the observed variables were then being analyzed by value of Index method and multiple regression which is run by SPSS programme, while the answer of the opened question were being analyzed in a qualitative way. Value of index analysis shows that service quality, product superiority, and customer loyalty are categorized as medium. Multiple regression analysis of the hypothesis shows that service quality has a positive and significant impact on customer loyalty of the Bank Bukopin Saving and that product superiority also has a positive and significant impact on Customer Loyalty of the Bank Bukopin Saving. Based on the result, the customer loyalty can be improved by giving better attention of the customer service officers to the customers, making a standard marketing service to the priority customers and the non priority customers, redesigning the employee uniform yearly to keep update to the trend but still polite and comfortable to the employees, teller break time management, establishing standard product knowledge of all the employees, creating effective electronic queuing system, producing the pocket size but full information of e-banking transaction user manual, creating interesting product of saving that can access all customers, enclosing policed insurance in new saving account, adding more and various prizes to give better chance to the customers in getting bigger prizes, giving direct prizes that suitable to the customer needs that are most common. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Institude of Service Management Studies (InfoBank No.345 Edisi Desember 2007), Bank Bukopin memiliki kualitas pelayanan yang baik, menduduki peringkat ke empat. Namun menurut hasil survey dari MarkPlus dan Biro Riset Infobank, (Infobank No.334 Edisi Januari 2007) mengenai loyalitas nasabah khususnya tabungan, Bank Bukopin belum menduduki peringkat 10 besar. Dengan melihat permasalahan yang ada, maka penelitian ini diarahkan untuk menganalisis mengenai bagaimana meningkatkan loyalitas nasabah PT. Bank Bukopin, dengan didukung peningkatan kualitas pelayanan (service quality) yang diberikan perusahaan dan meningkatkan keunggulan produk. Data penelitian dikumpulkan dari 135 nasabah tabungan bank Bukopin dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari pertanyaan terbuka dan tertutup. Jawaban responden terhadap atas pertanyaan-pertanyaan tertutup mengenai variabel yang diteliti dalam penelitian ini selanjutnya dianalisis dengan menggunakan nilai indeks dan regresi berganda yang dijalankan dengan program SPSS sedangkan jawaban atas pertanyaan terbuka dianalisis secara kualitatif. Hasil pengujian analisis nilai indeks menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, keunggulan produk, dan loyalitas nasabah termasuk dalam kategori sedang. Hasil hipotesis yang dilakukan dengan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan Bank Bukopin dan keunggulan produk juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan Bank Bukopin. Berdasarkan hasil penelitian, loyalitas nasabah ditingkatkan melalui petugas cutomer service yang khusus menangani nasabah dengan perhatian lebih, membuat pelayanan standar marketing kepada nasabah prioritas dan bukan prioritas, mendesign ulang baju seragam karyawan yang dilakukan setiap tahun yang disesuaikan dengan perkembangan mode dengan tetap mengedepankan kesopanan dan kenyamanan pemakai, manajemen waktu untuk istirahat teller, mengadakan standarisasi pengetahuan produk knowledge bagi semua karyawan bank, menciptakan sistem antrian elektronik yang efektif, perlu dibuat buku saku kecil sebagai pedoman untuk melakukan transaksi e-banking secara lengkap, membuat produk tabungan yang menarik sesuai kebutuhan, keinginan, dan kemampuan nasabah sehingga dapat dinikmati oleh semua nasabah, melampirkan polis asuransi pada pembukaan rekening tabungan, memberi hadiah undian tambahan yang lain agar kesempatan nasabah untuk memperoleh hadiah undian lebih besar, dan hadiah langsung yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan nasabah terbanyak.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:17379
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:23 Jul 2010 10:48
Last Modified:23 Jul 2010 10:48

Repository Staff Only: item control page