Faktor - faktor yang mempengaruhi pengungkapan informasi pertanggung jawaban sosial dalam laporan tahunan perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta

ASTROTAMMA, Galih Aditya and DALJONO, Daljono (2009) Faktor - faktor yang mempengaruhi pengungkapan informasi pertanggung jawaban sosial dalam laporan tahunan perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta. PERPUSTAKAAN FE UNDIP.

[img]
Preview
PDF - Published Version
84Kb

Abstract

Pengungkapan sosial perusahaan yang sering juga disebut sebagai social disclosure, corporate social reporting, social accounting atau corporate social responsibility merupakan proses pengkomunikasian dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan ekonomi organisasi terhadap kelompok khusus yang berkepentingan dan terhadap masyarakat secara keseluruhan. Hal tersebut memperluas tanggung jawab organisasi (khususnya perusahaan), di luar peran tradisionalnya untuk menyediakan laporan keuangan kepada pemilik modal, khususnya pemegang saham. Perluasan tersebut dibuat dengan asumsi bahwa perusahaan mempunyai tanggung jawab yang lebih luas dibanding hanya mencari laba untuk pemegang saham. Pengungkapan sosial adalah pilihan bebas manajemen peruahaan untuk memberikan mformasi akuntansi dan mformasi lamnya yang dianggap relevan untuk pembuatan keputusan oleh pemakai laporan keuangan tahunan. Tidak terlepas dari semua itu, dalam social disclosure seringkali dipenganihi oleh beberapa faktor, yaitu profile perusahaan, size perusahaan, profitabilitas, dan likuiditas perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor-faktor dalam perusahaan, yang diproksikan dalam profile perusahaan, size perusahaan, profitabilitas, dan likuiditas perusahaan mempengaruhi pengungkapan sosial pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ. Sedangkan sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ tahun 2006, yaitu sebesar 59 perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda, uji t do uji F. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Pengujian secara simultan menemukan adanya pengaruh yang Signifikan antara Faktor-faktor perusahaan terhadap pengungkapan sosial perusahaan, (2) Variabel profile perusahaan, size perusahaan, profitabilitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan sosial perusahaan, (3) Variabel likuiditas Tdak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan sosial perusahaan. Kata Kunci : Profile Perumhaan, Size Perusahaan, Profitabilitas Perusahaan, Likuiditas Perusahaan, Social Disclosure, Voluntary disclosure.

Item Type:Other
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
ID Code:17362
Deposited By:Mr. Perpustakaan Ekonomi
Deposited On:23 Jul 2010 09:19
Last Modified:23 Jul 2010 09:19

Repository Staff Only: item control page