Edward.SS, Edward.SS (2007) Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Perubahan Harga Obligasi ( Studi pada Kelompok Perusahaan Sektor Industri ) periode triwulan 1’2004-triwulan 2’2006. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 459Kb |
Abstract
Return total (yield) suatu obligasi diperoleh dari bunga coupon dan selisih harga (∆_harga pasar). Besarnya bunga kupon sudah ditentukan pada saat emisi berdasarkan tingkat SBI rate yang berlaku (suku bunga pasar pada umumnya) dan rating (credit risk) dari emiten yang bersangkutan. Capital gain/loss diperoleh dari kenaikan/penurunan harga pasar yang dipengaruhi oleh banyak faktor yang antara lain: suku bunga, kurs rp/$, bunga kupon, periode coupon/jumlah coupon. Sementara itu besarnya bunga kupon biasanya juga dipengaruhi rating dari emiten yang bersangkutan. Uji beda (two independen sample test) dilakukan untuk menguji pengaruh rating terhadap besarnya coupon rate obligasi. Analisis regresi dipergunakan untuk menguji pengaruh variabel- variabel independen (tingkat suku bunga, kurs rp/$, bunga coupon, jumlah coupon/periode coupon) terhadap variabel dependen (∆_harga pasar obligasi). Kedua hal inilah yang akan menjadi topik dari tesis ini. Hasilnya menunjukkan terdapat pengaruh simultan yang significan (F-test) antara ke_empat variable independen terhadap variable dependen. Dari uji t diperoleh pengaruh parsial yang signifikan setiap variabel independen terhadap ∆_harga pasar obligasi sebagai variabel dependen. Selain itu terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara rating obligasi dengan besarnya coupon rate. Bond’s yield is obtained from the amount of coupon rate plus capital gain/loss (∆_market price). Coupon rate has been provided since the initial emisión basing on the existing SBI rate and emiten’s rating. ∆_market price is got from the fluctuation (increasing/decreasing) of bond’s market price generally influenced by many factor i.e : interest rate, exchange rate Rp/$, coupon rate, total coupon/coupon periode. In addition to, the amount of coupon rate depends on and influenced by variety of bond’s rating. Two independent sample test was applied to justify/ to test the significance of mean’s differences for unnormally distributed data and ably used for ordinal data. This test is used to justify the influence of rating on coupon rate. Regresión análysis was applied to estimate the influence of interest rate, exchange rate Rp/$, coupon rate, total coupon/ coupon periode as independent variables on ∆_market price as dependent variable. These both item are the main topic of this thesis. The results show there’s significantly simultenuous influences (F-test) among the four independent variables on dependent variable. Meanwhile by t-test was found out partial influence of independent variable each on dependent variable. In addition to, there’s unsignificantly influence between emiten’s rating on coupon rate.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 17255 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 22 Jul 2010 13:58 |
Last Modified: | 22 Jul 2010 13:58 |
Repository Staff Only: item control page