Pengetahuan Perawat Dalam Mengidentifikasi Respon Nyeri Anak Toddler Dengan Menggunakan Skala Wajah Di Ruang Anak RSUD Kota Semarang

Yulianti, Yulianti (2010) Pengetahuan Perawat Dalam Mengidentifikasi Respon Nyeri Anak Toddler Dengan Menggunakan Skala Wajah Di Ruang Anak RSUD Kota Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

447Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Pengetahuan dan ketrampilan seorang perawat yang bertugas di ruang anak, tentang antisipasi nyeri diperlukan dalam memberikan asuhan keperawatan yang berkualitas. Penelitian bertujuan untuk memperoleh informasi tentang tingkat pengetahuan dan ketrampilan perawat dalam mengidentifikasi respon nyeri toddler dengan menggunakan skala wajah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah perawat RSUD Kota Semarang yang selalu berinteraksi dengan pasien toddler, dengan jumlah responden sebanyak 50 orang. Data penelitian diperoleh dengan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar responden mempunyai pengetahuan dan ketrampilan sedang dalam melakukan identifikasi respon nyeri toddler dengan menggunakan skala wajah. Hal ini disebabkan karena sebagian besar responden berpendidikan D 3 Keperawatan dan belum pernah mendapatkan pelatihan khusus tentang cara mengidentifikasi respon nyeri dengan menggunakan skala wajah. Penelitian ini mengindikasikan perlu dilakukan peningkatan sumber daya manusia dan pelaksanaan pelatihan serta penyegaran kembali tentang cara mengidentifikasi respon nyeri dengan menggunakan skala wajah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:pengetahuan perawat, respon nyeri toddler, skala wajah Wong-Baker
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:17211
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:22 Jul 2010 08:30
Last Modified:22 Jul 2010 08:30

Repository Staff Only: item control page