ANALISIS PERSEPSI OERANG TUA TERHADAP KEBUTUHAN PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI UNTUK ANAK SD (STUDI PADA OERANG TUA SISWA KELAS IV SD SANTO ANTONIUS 2 DAN SDN SRONDOL 02 SEMARANG APRIL 2010)

NOSHIRMA, MONIKA (2010) ANALISIS PERSEPSI OERANG TUA TERHADAP KEBUTUHAN PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI UNTUK ANAK SD (STUDI PADA OERANG TUA SISWA KELAS IV SD SANTO ANTONIUS 2 DAN SDN SRONDOL 02 SEMARANG APRIL 2010). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
6Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Pemberian pendidikan kesehatan reproduksi dapat mulai diberikan pada saat anak di sekolah dasar. Setiap tahun kira-kira 15 juta remaaja berusia 15-19 tahun melahirkan, 4 juta melakukan aborsi,dan hampir 100 juta terinfeksi penyakit menular seksual (PMS) yang dapat disembuhkan. Permasalahan remaja yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi, sering kali berakar dari kurangnya informasi, pemahaman dan kesadaran untuk mencapai keadaan sehat secara produksi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis persepsi orang tua terhadap kebutuhan pendidikan kesehatan reproduksi untuk anak sekolah dasar. Penalitian dilakukan pada orang tua siswa kelas VI SD Santo Antonius 2 dan SDN Srondol 02 Semarang dengan populasi sebanyak 124 orang tua dan diambil sampelnya sebanyak 55 orang tua dengan teknik sampel simple random sampling. Jenis penelitian ini deskriptif dan menggunakan pendekatan cross sectional dan analisis data dilakukan secara deskriptif berupa tabel frekuensi. hasil studi ini menunjukan bahwa 45,5% orang tua tamat SMA, 45,5% bekerja sebagai swasta, 50,9% orang tua memiliki pengetahuan yang baik tentang kesehatan reproduksi, 47,3% orang tua berpersepsi bahwa media cetak yang diogubnakan adalah buku, media elektornik yang digunakan radio (49,5%) dan lebih dari 80% berpersepsi bahwea anaknya mendaapat informasi dari orang tua dan guru. Mayoritas orang tua (96,4%) sangat mengharapkan giuru sebagai sumber informasi. Medias yang paling sering diakses radio (23,6%). Materi yang sering diotanyakan adalah tentang perubahan fisik (83,6%). Disarankan kepada sekolah dan instansi terkait (BKKBN) untuk mengadakan pelatihan kesehatan reproduksi bagi guru disekolah serta menggunakan buku dan radio sebagai media informasi kesehatan reproduksi bagi anak SD. Kata Kunci: Kata kunci : Pendidikan kesehatn reproduksi, persepsi, orang tua. Kepustakaan : 36 (1980-2010)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:17178
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:21 Jul 2010 14:00
Last Modified:21 Jul 2010 14:00

Repository Staff Only: item control page