Hubungan Antara System Reward Dengan Kinerja Perawat Dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Sragen”

Rahayu, Sri (2006) Hubungan Antara System Reward Dengan Kinerja Perawat Dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Sragen”. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

3422Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Pengaturan sistem penghargaan kepada perawat di Indonesia diharapkan memperhatikan besarnya upaya dan bobot kerja yang disumbangkan oleh perawat dalam melaksanakan pelayanan atau asuhan keperawatan yang profesional. Sementara yang terjadi di RSUD Sragen adalah pembagian insentif tidak adil, tidak ada pengembangan karir, sehingga dikhawatirkan akan mempengaruhi pada hasil mutu asuhan keperawatan. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui hubungan antara system reward dengan kinerja perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Sragen. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental metode deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional dan menggunakan uji chi square. Pengambilan sampel dengan cara total sampling yaitu sebanyak 73 orang perawat D3 pelaksana berstatus PNS. Data penelitian mengenai system reward dan kinerja perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan diperoleh melalui kuesioner yang diberikan secara langsung kepada responden. Hasil: Hasil uji statistik dengan uji Chi Square diperoleh nilai p sebesar 0,244 (p value > 0,05) yang berarti tidak ada hubungan antara system reward dengan kinerja perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan di RSUD Sragen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa reward finansial bukanlah hal yang mempengaruhi kinerja perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan. Kesimpulan: Tidak ada hubungan antara system reward dengan kinerja perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan di RSUD Sragen. Hasil ini mengindikasikan bahwa perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang kinerja perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan terkait dengan reward non finansial. Kata kunci : system reward, kinerja perawat, asuhan keperawatan. Daftar pustaka : 41 (1990-2006) xiii

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:system reward, kinerja perawat, asuhan keperawatan.
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:17107
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Jul 2010 08:56
Last Modified:21 Jul 2010 08:56

Repository Staff Only: item control page