ANALISIS PENGARUH TRANSFER PEMERINTAH PUSAT TERIIADAP PENGELUARAN DAERAH DAN UPAYA PAJAK (TAXEFFORT) DAERAH (Studi Kasus : Kabupaten/Kota di Jawa Tengah)

HANDAYANI, Athiah and KODOATIE, Johanna Maria (2009) ANALISIS PENGARUH TRANSFER PEMERINTAH PUSAT TERIIADAP PENGELUARAN DAERAH DAN UPAYA PAJAK (TAXEFFORT) DAERAH (Studi Kasus : Kabupaten/Kota di Jawa Tengah). PERPUSTAKAAN FE UNDIP.

[img]
Preview
PDF - Published Version
90Kb

Abstract

Kebijakan otonomi daerah dan desentralisasi fiskal memberikan respon yang beragarn r satu daerah dengan lainnya. Tidak semua daerah mempunyai kesiapan yang sarna, renakan rendahnya kapasitas fiskal . Untuk mengatasi persoalan ini, pemerintah pusat iberikan dana perimbangan/dana transfer kepada pemerintah daerah . Dana transfer erintah pusat terdiri dari transfer bersyarat, dan transfer tak bersyarat. Objek penelitian adalah apakah terjadi flypaper effect pada hubungan dana transfer erintah terhadap pengeluaran - daerah . Dalam penelitian ini juga membahas faktorx yang berpengaruh terhadap pengeluaran perkapita daerah yaitu PDRB perkapita, dana Oer pemerintah pusat, penduduk, dan migrasi neto. Serta bagaimanakah pengaruh transfer erintah terhadap upaya pajak (tax effort) daerah. Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengeluaran daerah, dalam :litian ini digunakan analisis regresi dengan model Least Square Dummy Variable (LSDV). Igunaan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh PDRB perkapita, transfer pemerintah, lah penduduk, dan migrasi neto terhadap pengeluaran daerah. Dengan periode penelitian dari n 2005 - 2007, penelitian ini juga mencoba menganalisis karakteristik pada pola geluaran daerah masing-masing Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Hasil analisis dengan menggunakan LSDV diketahui bahwa variabel PDRB perkapita, i transfer pemerintah pusat, jumlah penduduk dan migrasi netto berpengaruh positif dan ,ifikan terhadap pengeluaran perkapita daerah. Hasil analisis ini juga menunjukkan terjadinya )mena flypaper effect hat ini terbukti dengan nilai koefisien dana transfer pemerintah lebih tr dari pada koefisien PDRB perkapita 02 > F+2) . Hal ini berimplikasi bahwa pengaruh dana sfer terhadap pengeluaran perkapita lebih besar dibandingkan penagaruh PDRB terghadap geluaran perkapita. Dengan melihat nilai koefisien dana transfer pemerintah (r2<1), ini igindikasikan terjadinya efek subtitusi pada dana transfer terhadap upaya pajak (tax effort) rah. Hal ini berarti pemerintah daerah kurang merespon transfer dari pemerintah pusat dalam iingkatkan upaya pajak daerah. a-kata Kunci : Dana transfer pemerintah pusat, flypaper effect, upaya pajak (tax effort), ')v

Item Type:Other
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Economics and Development Studies
ID Code:17067
Deposited By:Mr. Perpustakaan Ekonomi
Deposited On:20 Jul 2010 21:17
Last Modified:20 Jul 2010 21:17

Repository Staff Only: item control page