Hubungan Pengetahuan Perawat Tentang Prinsip Etika Terhadap Persepsi Caring Pada Pasien Intra Operatif Di Instalasi Bedah Sentral RSUP Dr. Kariadi Semarang

Puspitasari, Niken (2006) Hubungan Pengetahuan Perawat Tentang Prinsip Etika Terhadap Persepsi Caring Pada Pasien Intra Operatif Di Instalasi Bedah Sentral RSUP Dr. Kariadi Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

1412Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Prinsip etika dan caring adalah hal yang penting dalam keperawatan karena berkaitan erat dengan kualitas keperawatan. Masalah etika yang dihadapi perawat dalam praktik keperawatan telah menimbulkan konflik antara kebutuhan klien dengan harapan perawat dan persepsi caring mengarahkan pada kompetensi secara umum dalam aplikasi pengetahuan sehingga dapat mengatasi permasalahan yang timbul. Mengetahui sejauh mana hubungan pengetahuan perawat tentang prinsip etika terhadap persepsi caring pada pasien intra operatif di Instalasi Bedah Sentral RSUP Dr Kariadi Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non experimental dengan rancangan diskriptif korelatif dan menggunakan desain cross sectional tentang hubungan pengetahuan perawat tentang prinsip etika terhadap persepsi caring pada pasien intra operatif. Metode penelitian adalah total sample. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 responden perawat dari Instalasi Bedah Sentral RSUP Dr. Kariadi Semarang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 43 responden (86%) memilikitingkat pengetahuan tentang prinsip etika adalah baik dan 50 responden (100%) memiliki persepsi caring dalam kriteria cukup. Hasil analisa bivariat menunjukkan adanya korelasi positif dan signifikan antara pengetahuan tentang prinsip etika dengan persepsi caring pada pasien intra operatif dengan nilai rs 0,293 dan p 0,039 pada taraf signifikansi (α) sebesar 0,05. Kesimpulan dalam penelitian adalah pengetahuan prinsip etika dan persepsi caring merupakan dasar dalam memberikan pelayanan keperawatan yang berkualitas. Kepustakaan: 30 (1991-2006)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Pengetahuan prinsip etika , persepsi caring
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:17049
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Jul 2010 12:05
Last Modified:20 Jul 2010 12:05

Repository Staff Only: item control page