Deskripsi Penilaian Dan Penanganan Demam Pada Anak Oleh Ibu Di Rumah DiPuskesmas Perumnas Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

Narno, Narno (2006) Deskripsi Penilaian Dan Penanganan Demam Pada Anak Oleh Ibu Di Rumah DiPuskesmas Perumnas Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

1033Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Demam merupakan salah satu keluhan utama yang disampaikan para ibu saat membawa anaknya ke pelayanan kesehatan. Pengukuran suhu tubuh yang praktis dan mudah adalah dengan menggunakan termometer air raksa dan meletakkan di ketika. Demam yang mencapai suhu 41OC angka kematian 17%, pada suhu 43OC akan koma dengan angka kematian 70%, dan pada suhu 45OC meninggal dalam beberapa jam kemudian. Penanganan demam menggunakan antipiretik merupakan tindakan kurang tepat bila suhu tubuh dinilai menggunakan perabaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penilaian dan penanganan demam pada anak di rumah oleh ibu di Puskesmas Perumnas Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei dengan metode deskriptif eksploratif . Instrumen pada penelitian ini adalah kuesioner yang diberikan kepada 51 responden, metode pengambilan sampel adalah accidental sampling. Analisis data menggunakan univariat berupa tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian didapatkan bahwa penilaian demam menggunakan perabaan sebesar 84,3%, Penanganan demam menggunakan antipiretik sebesar 68,6% dan kompres dingin sebesar 53,9%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penilaian dan penanganan demam belum sesuai dengan teori yang ada. Salah satu kebutuhan dasar manusia adalah mempertahankan suhu dalam rentang normal, namun penanganan yang dilakukan responden belum sesuai dengan teori.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Demam, penilaian, penanganan
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:17035
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:14 Dec 2010 04:02
Last Modified:14 Dec 2010 04:02

Repository Staff Only: item control page