HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR TEPISARI I DESA TEPISARI KECAMATAN POLOKARTO KABUPATEN DATI II SUKOHARJO

EFFENDI, HAZAIRIN (1987) HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR TEPISARI I DESA TEPISARI KECAMATAN POLOKARTO KABUPATEN DATI II SUKOHARJO. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
7Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang prestasi belajar anak sekolah dasar di Desa Tepisari dalam hubungannya dengan status gizi, baik gizi kurang maupun gizi baik. Penelitian ini bersifat diskriptif. Sampel sebanyak 108 anak kelas III, IV, dan V Sekolah Dasar Tepisari I (puposive sampel). Status gizi anak diukur melalui pengukuran tinggi badan dan berat badan kemudian di bandingkandengan Baku Harvard untuk anak Indonesia. Prestasi belajar anak mencakup 4 bidang studi yaitu: Matematika, IPA, IPS dan Bahasa Indonesia yang diperoleh angka rapor catur wulan II tahun 1986/1987. Data dikumpulkan melalui pengamatan serta wawancaara dengan menggunkan kuesioner, angket, dan formulir isian. Analisa statistik yang digunakan adalah uji Khi kuadrat dan uji t. Hasilnya tidak ada hubungan yang bermakana antara prestasi Matematikan dengan status gizi anak, lamanya waktu belajar anak, bantuan otang tua dalam belajar anak. Tidak ada hubungan yang bermakana antara status gizi dengan mengulang kelas. Ada hubungan yang bermakna antara prestasi mata pelajaran gabungan anak dengan status gizi, keadaan mengulang kelas, lamanya waktu belajar, bantuan orang tua dalam belajar anak. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar anak. Diduga gizi kurang pada anak SD Tepisari I masih tergolong gizi kurang pada tahap ringan dan tidak mengganggu kemampuan belajarnya. Saran-saran yang dikemukakan ialah mengingat tingginya prevelensi anak SD dengan gizi kurang, perlu lebih diaktifkan kegiatan monitoring gizi anak SD yang telah ada. Perlu penataran monitoring gizi untuk guru-guru UKS. Pemberian tugas PR agar tetap dipertahankan dan ditingkatkan. Perlu dibentuk kelompok belajar dengan "sistem bapak guru asuh". Perlu penelitian lebih lanjut dengan mempergunakan ukuran-ukuran antropometri lainnya dab tes-tes mental dengan skala sampel yang lebih besar. Kata Kunci: PRESTASI BELAJAR

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:17013
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Jul 2010 10:32
Last Modified:20 Jul 2010 10:32

Repository Staff Only: item control page