STUDI TENTANG PENGARUH LOGAM KROMIUM (Cr) DALAM LIMBAH CAIR INDUSTRI PENYAMAKAN KULIT PT. BUDI MAKMUR YOGYAKARTA TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO)

SIBERO , AME LITA BR. TARIGAN (2002) STUDI TENTANG PENGARUH LOGAM KROMIUM (Cr) DALAM LIMBAH CAIR INDUSTRI PENYAMAKAN KULIT PT. BUDI MAKMUR YOGYAKARTA TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
26Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Sebagai logam berat Cr termasuk logam yang mempunyai daya racun tinggi, yang dapat menyebabkan terjadinya keracunan akut dan keracuanan kronis. PT Budi Makmur merupakan industi penyamakan kulit yang membuang limbah cair ke Sungai Gajah wong yang telah melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kandugna logam Cr, mengetahui waktu kemaitan ikan mas dan untuk mengetahui pengaruh logam Cr dari limbah cair induti penyamakan kuit PT Budi Makmur Yogyakarta terhadap kelangsungan hidup ikan mas. Jenis penelitian adalah kesehatan research dengan rancangan penelitian eksperiment. Variabel bebas dalam penelitian adalah konsentrasi limbah cair penyamakan kulit yang mengandung logam Cr. Variabel terikat adalah ikan masyarakat. Data diolah dengan SPSS versi 10.0 dan analisa data dengan uji Regresi Linier. Hasil penelitian dipeoleh ada pengaruh nyata antara konsentrasi air limbah bak inlet dengan rata-rata kematian ikan mas selama 48 jam (R=0,998 dan R square=0,997), konsentrasi air limbah bak inlet dengan rata-rata kematian ikan mas selama 98 jam (R=0,878 dan R squre =0,771), konsentrasi air limbah baik outlet dengan rata-rata kemaitan ikan mas selama 48 jam ( R=0,990 dan R square=0,981) dan konsentrasi air limbah bak outlet dengan rata-rata kematian ikan mas selama 98 jam (R=0,987 dan R square=0,974). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang nyata antara konsentrasi air limbah dengan rata-rata kematian ikan mas. Kata Kunci: LOGAM CROMIUM (Cr), LIBAH CAIR INDUSTRI PENYAMAKAN KULIT, IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:17006
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:20 Jul 2010 10:23
Last Modified:20 Jul 2010 10:23

Repository Staff Only: item control page