Produksi Film Pendek Bunga Kertas Sebagai Produser dan Bagian Artistik untuk Media Sosialisasi Program Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) BKKBN Provinsi Jawa Tengah

Jatu Kurniawan, Subsianto Agung (2010) Produksi Film Pendek Bunga Kertas Sebagai Produser dan Bagian Artistik untuk Media Sosialisasi Program Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) BKKBN Provinsi Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]Microsoft Word
31Kb

Abstract

Sebagai sebuah karya audio visual, sebuah film pada pemanfaatannya dapat digunakan sebagai sebuah media sosialisasi yang lebih efektif dibandingkan bentuk lainnya. Kenyataan ini juga diaplikasikan pada beberapa kegiatan Humas di beberapa lembaga/instansi. Salah satunya yang dilakukan pada BKKBN Provinsi Jawa Tengah dalam melakukan sosialisasi terhadap program yang sedang digalakan. Karena mereka menganggap audience lebih mudah menagkap pesan yang disampaikan dari bentuk media audio visual. Pembuatan film sebagai media sosialisasi dan edukasi Program Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) ini bertujuan untuk, memberikan dorongan kepada penonton agar memiliki perhatian kepada Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), dan diharapkan setelah menonton film ini, mereka dapat mengerti cara menjaga kesehatan reproduksi, dan akhirnya dapat mengkomunikasikannya kepada orang lain. Sasaran dari pada film ini adalah mereka yang berumur 15-24 tahun. Pemeilihan media film ini dikarenakan, film itu dekat dengan keseharian remaja. Begitu juga dengan cerita yang diangkat, remaja dan permasalahannya. Berdasarkan hasil evaluasi dari film ini, ditemukan bahwa sebagian besar penonton yang telah menyaksikan film pendek Bunga Kertas mengatakan, setting dan pemanfaatan property telah sesuai, namun ada beberapa yang mengatakan, pemanfaatan property dinilai kurang dan perlu memperhatikan mengenai kostum yang dipakai. Untuk keseluruhan dari film, penonton mengatakan bahwa, film ini sudah memenuhi criteria sebagi sebuah media sosialisasi dan edukasi, dikarenakan, pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan mudah, oleh karena itu penonton menyatakan bahwa faktor audio visual cukup memudahkan dalam menangkap pesan yang disampaikan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:16914
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:19 Jul 2010 09:42
Last Modified:19 Jul 2010 09:42

Repository Staff Only: item control page