KARTIKASARI, CAECELIA MITA (2008) PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP REPUTASI DALAM RANGKA PENINGKATAN KINERJA JAMSOSTEK (Studi pada peserta Jamsostek di Kota Semarang). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 501Kb |
Abstract
Era globalisasi meningkatkan kesadaran perusahaan untuk semakin berusaha untuk bertahan dan menjadi yang terbaik di bidangnya. PT. Jamsostek (Persero) sebagai badan penyelenggara jaminan sosial bagi pekerja dan keluarganya juga dituntut untuk selalu meningkatkan kinerja. Keluhan dari peserta mengenai pelayanan baik masalah administrasi maupun tentang pengajuan klaim serta pemberitaan di media tentang pengelolaan dana dan masalah manajemen telah mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap PT. Jamsostek (Persero) secara keseluruhan. Reputasi merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengukur karakter dan keberhasilan suatu perusahaan. Reputasi yang baik dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas perusahaan peserta Jamsostek dan menarik perusahaan baru untuk menjadi peserta. Bagaimana perusahaan tersebut dikelola akan mempengaruhi persepsi masyarakat. Citra perusahaan juga dapat ditingkatkan melalui implementasi program bantuan yang diberikan pada peserta dan masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan. Penelitian ini menggunakan menggunakan alat analisis Structural Equation Model (SEM) yang dioperasikan melalui program AMOS 7. Responden dalam penelitian ini adalah para manajer perusahaan peserta Jamsostek di Kota Semarang, sebanyak 115 responden. Metode pengumpulan datanya adalah melalui penyebaran kuesioner. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh tanggung jawab sosial, tata kelola perusahaan terhadap reputasi dan pengaruhnya terhadap kinerja, serta menganalisis pengaruh lingkungan sebagai faktor eksternal terhadap kinerja. Penelitian ini memberi yustifikasi tambahan bagi penelitian terdahulu bahwa tanggung jawab sosial dan tata kelola memiliki pengaruh positif terhadap reputasi. Implikasi manajerial yang dapat diberikan adalah saran bahwa pihak manajemen perlu lebih memperhatikan tentang tata kelola dalam tubuh manajemen Jamsostek untuk meningkatkan reputasi perusahaan. Penelitian ini juga menemukan bahwa lingkungan sebagai faktor eksternal mempunyai pengaruh positif pada kinerja perusahaan, bahkan lebih besar daripada reputasi. Perusahaan menjadi peserta Jamsostek lebih dikarenakan adanya kewajiban dari Pemerintah bukan karena kesadaran tentang pentingnya perlindungan terhadap risiko yang mungkin terjadi atau karena reputasi Jamsostek. Oleh karenanya, perlu pembenahan mengenai pengelolaan manajemen dalam tubuh Jamsostek untuk menghadapi globalisasi. The globalization push companies to find ways to survive and also be the best in its business. PT Jamsostek (Persero) as provider for labor’s social security is not en exception. Client’s complaints about the service, administration or claim payment, also news in media regarding fund management and lawsuits that involved company’s management team had formed certain perception of the community for Jamsostek in general. Reputation is a tool that can be used to measure character and the success of a company. Good reputation can improve client’s trust and loyalty and it can also attract new companies to use its service. Corporate governance can affect community’s perception toward the company. Company’s image can also improve by doing corporate social responsiblity through social activities. This research is using Structural Equation Modelling as analysis tool with AMOS 7 software. Respondents are managers in companies which are clients of Jamsostek Semarang, the number is 115 respondents. Data is acquired through questionaire. The oblective of this research is to analyze the effect of social responsibilty, corporate governance towards the company’s reputation. And also analyzing the effect of reputation and environment, as external factor, towards company’s performance. The result gives theoretical implication as justification for previous findings that social responsibilty and corporate governance have positive impact to reputation. Managerial implication of this research is giving suggestion that Jamsostek management need to put more attention on corporate governance to increase company’s reputation. This research also proofs that environment, as external factor, have positive impact towards company’s performance, even bigger that reputation it self. Becoming Jamsostek’s client is more influenced by govenrment regulation than company reputation or risk coverage. This will put greater importance to improve the management in Jamsostek to deal with globalization.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 16889 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 19 Jul 2010 08:03 |
Last Modified: | 19 Jul 2010 08:03 |
Repository Staff Only: item control page