IRAWAN, BIMBI (2009) KAJIAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELUM BERFUNGSINYA PASAR BARU SEBAGAI PENGGANTI PASAR LAMA MUARALABUH KABUPATEN SOLOK SELATAN. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 118Kb |
Abstract
Pasar Baru Muaralabuh dibangun untuk menggantikan fungsi Pasar Lama Muaralabuh guna mewujudkan pasar yang memenuhi aspek keamanan, kelayakan, dan kenyamanan. Hal ini dilakukan karena Pasar Lama tidak memungkinkan diperluas dan dikembangkan karena terbatasnya lahan dan dikelilingi oleh kawasan permukiman, perkantoran, dan pendidikan. Belum lagi kondisi bangunan yang rusak, minimnya sarana prasarana penunjang pasar, serta pemakaian jalan untuk aktivitas perdagangan. Pasar Lama Muaralabuh merupakan hak ulayat masyarakat adat Nagari Pasir Talang dan Koto Baru yang wilayah pelayanannya meliputi 3 kecamatan yang menjadi Wilayah Pengembangan A Kabupaten Solok Selatan dan memiliki fungsi dan kedudukan dalam sistem sosial budaya masyarakatnya, sedangkan Pasar Baru Muaralabuh dibangun sepenuhnya oleh pemerintah. Selama 1 dekade (1998-2008), lokasi Pasar Baru yang dibangun hanya berjarak 700 meter dari Pasar Lama belum bisa menggantikan fungsi Pasar Lama Muaralabuh sebagai lokasi dan aktivitas perdagangan. Ada tiga fenomena menarik dalam kasus belum berfungsinya Pasar Baru menggantikan Pasar Lama yakni lokasi kedua pasar yang relatif dekat mengindikasikan adanya pengaruh aspek lokasi keruangan, tujuan pembangunan Pasar Baru untuk mewujudkan pasar yang memenuhi aspek keamanan, kelayakan dan kenyamanan dapat dilihat dari ketersediaan sarana prasarana penunjang pasar, dan adanya perbedaan karakteristik pasar yang dilihat dari sistem sosial budaya. Berdasarkan hal tersebut, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi belum berfungsinya Pasar Baru untuk menggantikan Pasar Lama Muaralabuh ditinjau dari aspek lokasi keruangan, ketersediaan sarana prasarana dan sosial budaya. Metode analisis yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, survei lapangan, survei instansiona, dan wawancara. Kuesioner disebarkan untuk mendapatkan persepsi masyarakat pengguna pasar (pengunjung pasar, pedagang toko, dan pedagang los). Ada tiga tahapan analisis yang dilakukan yaitu analisis faktor yang mempengaruhi fungsi sebuah pasar di Muaralabuh, analisis perbandingan penilaian Pasar Lama dan Pasar Baru Muaralabuh, serta analisis faktor yang mempengaruhi belum berfungsinya Pasar Baru menggantikan Pasar Lama Muaralabuh. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa ada dua kelompok faktor yang mempengaruhi belum berfungsinya Pasar Baru menggantikan Pasar Lama Muaralabuh. Kelompok pertama adalah faktor sangat dominan yang diperoleh dari faktor yang kuat pengaruhnya terhadap fungsi pasar yang meliputi: kondisi jalan, layanan moda transportasi, kedekatan lokasi bank dengan pasar, kemudahan menjangkau pasar dari arah selatan, kemudahan menjangkau pasar dari arah barat (aspek lokasi keruangan), layanan perbankan, pemadam kebakaran (aspek sarana prasarana), dan keragaman motivasi ke pasar (aspek sosial budaya). Kelompok kedua adalah faktor cukup dominan yang diperoleh dari faktor yang cukup pengaruhnya terhadap fungsi pasar di Muaralabuh yang meliputi: kedekatan pasar dengan kantor pemerintah, jaringan jalan, jarak pasar dengan permukiman (aspek lokasi keruangan), listrik, WC umum, drainase (aspek sarana prasarana), peran unsur adat dalam kepemilikan, pengelolaan dan berfungsinya pasar (aspek sosial budaya). Kedua kelompok faktor ini tidak dimiliki oleh Pasar Baru Muaralabuh dan justru dimiliki oleh Pasar Lama Muaralabuh. Padahal kedua kelompok faktor inilah yang diperlukan oleh sebuah pasar dalam mendukung fungsinya sebagai lokasi dan aktivitas perdagangan. Berdasarkan hasil tersebut, direkomendasikan kepada Pemerintah Daerah dalam upaya memfungsikan Pasar Baru Muaralabuh diperlukan suatu perencanaan pembangunan dengan mengakomodir kedua kelompok faktor tersebut karena faktor tersebutlah yang sebenarnya dibutuhkan sebuah pasar agar dapat berfungsi dan diminati masyarakat. Pasar Baru Muaralabuh was built to replace the function of Pasar Lama Muaralabuh and to realize market which fulfilling the aspects of safety, eligibility and amenity. It was done whereas Pasar Lama does not enable to extend and to develop because of the limited area and encircled by settlement, government office and educational area. Moreover the damage building, the lack of facility for supporting market infrastructure and using roads for commercial activity. Pasar Lama Muaralabuh is public rights of Nagari Pasir Talang and Koto Baru which its service regional covers 3 districs that becoming Wilayah Pengembangan A Kabupaten Solok Selatan and has function and position in society culture social system. Pasar Baru Muaralabuh was built by government itself. During one decade (1998-2008), Pasar Baru Muaralabuh was built just far for about 700 metres from Pasar Lama, it had not been able to replace yet the function of Pasar Lama Muaralabuh as a location and commercial activity. There are three exciting phenomenons the existence of Pasar Baru had not been able to replace Pasar Lama yet deal with function of Pasar Lama Muaralabuh . First of all, both of the location Pasar Lama and Pasar Baru near relatively, it indicates that there is an influence of spatial location aspect. The second phenomena deal with purpose of the development Pasar Baru is to realize market which fulfilling the aspects of safety, eligibility and amenity, it can be seen from the availability of supporting infrastructure for market. And the third phenomena namely distinguishing of market characteristic which can be seen from culture social system.Based on above the objective of this research is to know factors which influence Pasar Baru had not been able to replace yet the function of Pasar Lama Muaralabuh in point of view spatial location aspect, availability of supporting facilities and culture social. The analysis method used in this study namely qualitative and quantitative. The technical of collecting data with questionnaire, visual survey, institution survey and also interview. In this research, to get perception of market consumer public (market visitor, shop merchant and los merchant) through questionnaire. This research use some analysis steps were performed periodically namely; analysis of factor which influence the function of market in Muaralabuh, the assessment comparative analysis of Pasar Lama and Pasar Baru Muaralabuh, and also the analysis of factor which influence the existence of Pasar Baru had not replaced the fuction of Pasar Lama yet. Based on finding result of the research shows that there are two groups of factors which influence the existence of Pasar Baru had not replaced the fuction of Pasar Lama yet. First group namely the most dominant factors which is obtained of the strong factor gave effect to the function of market in the following; condition of road, transportation service, nearby location of bank with the market, accessible reachs the market from southward, accessible reachs the market from direction of west (spatial location aspect), banking service, fire engine service (infrastructure aspect) and variance motivates going to the market (culture social aspect). Second group is dominant enough factor which is obtained from enough factor influence to the function of the market in Muaralabuh; nearby of the market with government office, accessibility, market distance with settlement (spatial location aspect), electricity, toilet, drainage (infrastructure aspect), the role of custom element in ownership, management and functioning of the market (culture social aspect). Both of them are not owned by Pasar Baru Muaralabuh but on the contrary owned by Pasar Lama Muaralabuh. Whereas both of those factors groups are required by the market in supporting its function as location and commercial activity. Based on finding result, finally the recommendation of this research to the local government, it requires a development planning in the effort functioned Pasar Baru Muaralabuh by accomodate both of those factors groups hence the factor actually is required for market to enable function and enthused by society.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Urban and Regional Planning |
ID Code: | 16760 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 15 Jul 2010 09:08 |
Last Modified: | 30 Jun 2011 14:59 |
Repository Staff Only: item control page