FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENILAIAN MAHASISWA AKUNTANSI ATAS TINDAKAN AUDITOR DAN CORPORATE MANAGER DALAM SKANDAL KEUANGAN SERTA TINGKAT KETERTARIKAN BELAJAR DAN BERKARIR DI BIDANG AKUNTANSI(Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro)

Nugroho, Bayu (2008) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENILAIAN MAHASISWA AKUNTANSI ATAS TINDAKAN AUDITOR DAN CORPORATE MANAGER DALAM SKANDAL KEUANGAN SERTA TINGKAT KETERTARIKAN BELAJAR DAN BERKARIR DI BIDANG AKUNTANSI(Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1818Kb

Abstract

Penelitian inibeertujuan untuk menginvestigasi reaksi mahasiswa akuntansi terkait dengan krisis etika yang terjadi yang telah melanggar kode etik profesi akuntansi yang hendak mereka masuki. Lebih lanjut, penelitian menguji dan menganalisis pengaruh orientasi etika, gender, umur, pengetahuan tentang profesi akuntansi dan skandal keuangan oleh mahasiswa akuntansi terhadap penilaian mereka atas tindakan auditor dan corporate manager serta pengaruhnya terhadap tingkat ketertarikan belajar akuntansi dan bekerja di KAP sebagai auditorPenelitian ini merupakan penelitian empiris dengan teknik convenience sampling di dalam pengumpulan data. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi pada Jurusan Akuntansi Universitas Diponegoro yang telah mengambil mata kuliah auditing satu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 120 mahasiswa. Pengujian hipotesis menggunakan multiple regression.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa skandal keuangan yang terjadi ternyata tidak mempengaruhi penilaian mahasiswa akuntansi terhadap tindakan auditor dan corporate manager serta tidak mempengaruhi tingkat ketertarikan belajar akuntansi dan ketertarikan untuk bekerja di KAP sebagai auditor dari mahasiswa akuntansi. Penelitian ini membuat dua puluh empat hipotesis. Dari dua puluh empat hipotesis yang diajukan tesebut, disimpulkan bahwa hanya satu hipotesis yang diterima.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Accounting
ID Code:16719
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:14 Jul 2010 12:28
Last Modified:14 Jul 2010 12:28

Repository Staff Only: item control page