PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI SURVEILANS EPIDEMIOLOGI DEMAM BERDARAH DENGUE UNTUK KEWASPADAAN DINI DENGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI WILAYAH DINAS KESEHATAN KABUPATEN JEPARA (STUDI KASUS DI PUSKESMAS MLONGGO I)

HARIYANA, BAMBANG (2007) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI SURVEILANS EPIDEMIOLOGI DEMAM BERDARAH DENGUE UNTUK KEWASPADAAN DINI DENGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI WILAYAH DINAS KESEHATAN KABUPATEN JEPARA (STUDI KASUS DI PUSKESMAS MLONGGO I). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1151Kb

Abstract

Penyakit demam berdarah dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit menular yang sering menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) di Indonesia. Penyakit ini mempunyai perjalanan penyakit yang cepat, mudah menyebar dan dapat menyebabkan kematian dalam waktu singkat. Prediksi kejadian demam berdarah dengue di suatu wilayah, selama ini dilakukan berdasarkan stratifikasi endemisitas, pola maksimal−minimal dan siklus 3−5 tahun sesuai dari data Surveilans epidemiologi. Cara prediksi ini terdapat kelemahan karena berubahnya data menjelang musim penularan DBD dan belum adanya data faktor risiko terkini, sehingga prediksi sering tidak tepat. Data faktor risiko DBD dapat digunakan untuk menentukan jenis intervensi, sehingga kejadian DBD dapat dicegah sesuai konsep kewaspadaan dini. Data surveilans epidemiologi yang dihasilkan, sebagian masih diolah secara manual dan semi otomatis dengan penyajian masih terbatas dalam bentuk tabel dan grafik, sedangkan penyajian dalam bentuk peta belum dilakukan. Berdasarkan kenyataan tersebut, dikembangkan sistem surveilans epidemiologi DBD untuk kewaspadaan dini berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG). Pada sistem ini, dilakukan pendataan faktor risiko DBD melalui Rapid Survey pada saat menjelang musim penularan untuk mendapatkan data terbaru untuk menentukan jenis intervensi. Dengan SIG, dapat dihasilkan peta faktor risiko, peta kasus dan peta kegiatan lain, dan dengan teknik overlayer dapat dilakukan perencanaan maupun evaluasi program pemberantasan DBD.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Public Health
ID Code:16695
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:14 Jul 2010 11:05
Last Modified:27 Dec 2010 10:29

Repository Staff Only: item control page