Pengaruh Senam Lansia terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Lansia Penderita Hipertensi di Posyandu Lansia Ngudi Waras, Dusun Kemloko, Desa Bergas Kidul

Margiyati, Margiyati (2010) Pengaruh Senam Lansia terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Lansia Penderita Hipertensi di Posyandu Lansia Ngudi Waras, Dusun Kemloko, Desa Bergas Kidul. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

3160Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit tekanan darah tinggi, dimana tekanan darah sistolik ≥ 140 mmHg dan diastolik ≥ 90 mmHg. Separuh penderita hipertensi adalah orang berusia diatas 60 tahun. Senam lansia merupakan olahraga aerobik yang aman untuk memelihara tekanan darah lansia. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh senam lansia terhadap penurunan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi. Penelitian ini menggunakan desain pra eksperimental one group pretest-posttest design. Sampel yang diambil sebanyak 12 responden dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan 91,67% responden mengalami penurunan rata-rata tekanan darah sistolik 10,69 mmHg dan diastolik 6,11 mmHg. Sebanyak 50% responden dengan hipertensi derajat 1 turun menjadi 41,67% sesudah perlakuan. Berdasarkan uji Paired Sampel T-test diperoleh hasil 0.000 untuk nilai sistolik dan 0.001 untuk nilai diastolik, keduanya lebih kecil dari p value 0.05 sehingga disimpulkan terdapat pengaruh pelaksanaan senam lansia terhadap penurunan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pihak terkait untuk menerapkan senam lansia sebagai terapi nonfarmakologi bagi lansia penderita hipertensi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Senam lansia, tekanan darah, hipertensi
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:16652
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Jul 2010 09:03
Last Modified:14 Jul 2010 09:03

Repository Staff Only: item control page