ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS PERBANKAN DI INDONESIA (Studi pada Bank Domestik, Bank Campuran dan Bank Asing)

ASTOHAR, ASTOHAR (2009) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS PERBANKAN DI INDONESIA (Studi pada Bank Domestik, Bank Campuran dan Bank Asing). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
472Kb

Abstract

Banking profitability is one of a real important indicators in determining successfulness a bank and can be made policy bottom and the banking strategy at which will come. This research analysis factor – factor influencing banking profitability proxy with return asset on and return on equity. Problem of this research is existence of downdraft of profitability happened downdraft in the year 2005 and 2007. This condition indicates existence of problems which is serious at banking profitability. Other problems is shown with existence of existence of research gap about factor - factor influencing banking profitability. Sample in this research 84 bankings entering in domestic bank 62, Mixture Bank 12 and Foreign bank 10, by using multiple regression analysis. Result obtained is size, capital adequacy ratio (CAR), saving deposit growth, loan to deposit ratio (LDR) and listed has influence which are positive and signifikan to banking profitability, while ownership of stock by company (institution) and exchange rate doesn't have influence which are positive and signifikan to banking profitability. Profitabilitas perbankan merupakan salah satu indikator yang sangat penting dalam menentukan kesuksesan suatu bank serta dapat dijadikan dasar kebijakan serta strategi perbankan tersebut pada periode yang akan datang. Penelitian ini menganalisis faktor - faktor yang mempengaruhi profitabilitas perbankan yang diproksikan dengan return on asset dan return on equity. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya penurunan profitabilitas yang terjadi penurunan pada tahun 2005 dan 2007. Kondisi ini mengindikasikan adanya permasalahan yang serius pada profitabilitas perbankan. Permasalahan lain ditunjukkan dengan adanya adanya research gap mengenai faktor – faktor yang mempengaruhi profitabitas perbankan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 perbankan yang masuk dalam bank domestik sebanyak 62, Bank Campuran sebanyak 12 dan Bank Asing sebanyak 10 bank, dengan menggunakan alat analisis regresi berganda. Hasil yang diperoleh adalah ukuran (size), capital adequacy ratio (CAR), pertumbuhan deposito, loan to deposit ratio (LDR) dan listed (kepemilikan bank oleh publik) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap profitabilitas perbankan, sedangkan kepemilikan saham oleh perusahaan (institusi) dan kurs Rupiah pada Dollar tidak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap profitabilitas perbankan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:16642
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:14 Jul 2010 08:26
Last Modified:14 Jul 2010 08:26

Repository Staff Only: item control page