PENGARUH BEBAN LALU LINTAS TERHADAP PEMILIHAN RUTE (Studi Kasus: Kawasan Komersial Simpang Lima, Kota Semarang) THE EFFECT OF ROAD CAPACITY IN ROUTE CHOICE ( Case Study : in Simpang Lima, a commercial area of Semarang city )

FITRIANINGSIH, ARYANTI (2008) PENGARUH BEBAN LALU LINTAS TERHADAP PEMILIHAN RUTE (Studi Kasus: Kawasan Komersial Simpang Lima, Kota Semarang) THE EFFECT OF ROAD CAPACITY IN ROUTE CHOICE ( Case Study : in Simpang Lima, a commercial area of Semarang city ). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1012Kb

Abstract

Perkembangan aktivitas Simpang Lima akan menimbulkan permasalahan terhadap lalu lintas dan sistem transportasi. Permasalahan yang muncul pada kawasan studi adalah : kurangnya informasi pengendalian pemilihan rute pada saat koridor di kawasan Simpang Lima ditutup pada saat-saat tertentu ketika ada acara yang diadakan di kawasan lapangan Pancasila Simpang Lima dan sekitarnya.Pembebanan all or nothing biasanya yang dipilih sebagai alternatif pemakai jalan secara rasional memilih rute terpendek yang meminimumkan hambatan transportasi (jarak, waktu dan biaya). Sasaran yang ingin dicapai adalah mengidentifikasi penggunaan lahan dan beban lalu lintas pada kawasan komersial Simpang Lima, mengidentifikasi kinerja jaringan jalan dan masalah lalu lintas di kawasan komersial Simpang Lima, pada khususnya terhadap pemilihan rute, sebagai akibat perkembangan aktivitas kegiatan; menganalisis pengaruh beban lalu lintas terhadap pemilihan rute pada kawasan komersial Simpang Lima , mengetahui dan mengidentifikasi karakteristik pengguna jalan di kawasan Simpang Lima terhadap pemilihan rute melalui angket terbuka.Pendekatan Deskriptif Kualitatif Rasionalistik dengan parameternya beban lalu lintas dan pemilihan rute dengan batasan ruang lingkup penelitian pemakai jalan dengan kendaraan pribadi roda 4 (empat) maupun roda 2 (dua ). Metode analisis yang digunakan dalam studi ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif, dimana penilaian data, temuan studi dan visualisasi di lapangan dalam pengkajian terhadap perkembangan kota. Pemberitahuan alternatif rute yang dapat dilakukan apabila ada acara atau event tertentu di kawasan Simpang Lima; Seringkali pemberitahuan akan adanya event tertentu atau terjadinya penutupan jalan tidak disertai dengan pemberitahuan rute-rute yang dapat dilalui sehingga seringkali pengguna jalan masih belum dapat menentukan sikapnya serta penilaian terhadap perlengkapan lalu lintas di kawasan komersial Simpang Lima oleh responden dinyatakan masih buruk (68 %). Hal ini dikarenakan perlengkapan yang ada masih belum dapat menertibkan lalu lintas di kawasan komersial Simpang Lima. Akibat adanya perkembangan aktivitas komersial di kawasan Simpang Lima menjadikan pembebanan all or nothing yang biasanya dipilih sebagai alternatif pemakai jalan dengan meminimumkan hambatan transportasi menjadi tidak berlaku pada penelitian ini. Hal ini terlihat dari rute yang dipilih pemakai jalan tidak mempertimbangkan segi jarak dan biaya tempuh namun dengan pertimbangan kepastian waktu sampai tujuan dengan menghindari hambatan transportasi yang ada dan kebiasaan yang dilakukan. Pengaturan mengenai pola pemilihan rute, untuk menghindari kemacetan di sekitar kawasan Simpang Lima dengan sistem informasi terbuka melalu media cetak, audio maupun rambu papan penunjuk jalan. Perlu adanya program-program pembangunan sebagai langkah untuk mengantisipasi adanya ruterute alternatif seperti : penataan, pengembangan dan pemeliharaan jaringan jalan yang menjadi rute alternatif, perbaikan jaringan jalan yang kondisinya jalan yang kondisinya rusak pada ruas jalan yang merupakan rute alternatif, pengaturan terhadap arus lalu lintas yang melewati jalur alternatif. Activity in Simpang Lima District will generate problems related with the traffic and transportation system. Problems the emerge at study area are : lack of information about the route effected corridor in area Simpang Lima closed at certain moment when there is an event burden is in Pancasila field. All or nothing usually selected alternatively user road rationally chosen the short route minimizing transportation resistance ( apart the, time and expense of). This objective will be reached by identifying usage of farm and traffic burden at commercial area of Simpang Lima, identifying network performance road and problem of traffic in commercial area of Simpang Lima, especially to route election, as effect of growth of activity activity; analysing influence of traffic burden to route election at commercial area of Simpang Lima , knowing and identifying consumer characteristic road in Simpang Lima to route choice the Descriptive enquette opened. The Qualitative Rasionalistic approach with its parameter is road capacity and choice of rute. The scope research road is the personal vehicle wheel 4 ( four) and also wheel 2 ( two ). Analysis method in this study is approach qualitative, which data assessment, study finding and visualizing field in study to town growth. Notification of route Alternative able to be passed if there is certain or event in Simpanglima; Oftentimes notification will be certain event or the happening of road;street closing is not accompanied with the route notification.It is able to be passed by so that oftentimes road user still not yet earned to determine its attitude and also assessment to traffic supply in commercial area of Simpanglima by responder expressed still ugly ( 68 %). This matter because of existing supply still not yet earned to arrange in order traffic in commercial area of Simpanglima. Effect of existence of commercial activity growth in Simpanglima make the encumbering of all or nothing which is usually selected alternatively road user by minimizing transportation resistance becoming not used into effect of this research. This matter is seen from route selected by road user; street was not consider the facet apart and expense of going through but with the consideration of time certainty until the target of by avoiding existing transportation resistance and conducted habit. Arrangement in concerning pattern of route election, to avoid the jam around Simpanglima with the information system opened via media print , audio and also indicative board fringe road. Need the existence of development program as step to anticipate the existence of alternative route like : settlement, development and conservancy of road; street network becoming alternative route, repair of road; street network which its condition road;street which its condition destroy joint streets representing alternative route, arrangement to traffic current passing alternative band

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Urban and Regional Planning
ID Code:16636
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:14 Jul 2010 08:08
Last Modified:21 Jun 2011 16:48

Repository Staff Only: item control page