ANALISIS PENGETAHUAN DAN MOTIVASI PERAWAT YANG MEMPENGARUHI SIKAP MENDUKUNG PENERAPAN PROGRAM PATIENT SAFETY DI INSTALASI PERAWATAN INTENSIF RSUD DR MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2008

Ariyani, Ariyani (2009) ANALISIS PENGETAHUAN DAN MOTIVASI PERAWAT YANG MEMPENGARUHI SIKAP MENDUKUNG PENERAPAN PROGRAM PATIENT SAFETY DI INSTALASI PERAWATAN INTENSIF RSUD DR MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2008. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
405Kb

Abstract

Patient safety adalah bebas dari cidera aksidental atau menghindarkan cidera pada pasien akibat perawatan medis dan kesalahan pengobatan. Sikap perawat mendukung penerapan program patient safety sangat diperlukan untuk menjamin keselamatan pasien yang dirawat. Kurangnya sikap mendukung penerapan program merupakan masalah penting yang harus ditangani pihak manajemen RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengetahuan dan motivasi perawat yang mempengaruhi sikap mendukung penerapan program patient safety. Penelitian ini merupakan penelitian observasional, dengan pendekatan rancangan penelitian cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh perawat pelaksana di Instalasi Perawatan Intensif RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Analisis statistik yang digunakan analisis bivariat dengan uji chi square dan analisis multivariat dengan uji regresi logistik metode enter. Hasil analisis diskriptif, sikap mendukung tinggi (76,3%), pengetahuan perawat baik (76,3%), motivasi perawat baik ( 71,1%). Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan motivasi terhadap sikap mendukung penerapan program patient safety (p<0,05). Hasil analisis multivariat menunjukkan adanya pengaruh bersamasama antara pengetahuan ( p = 0,006, Exp B = 2,322), motivasi ( p = 0,020, Exp B = 2,093) terhadap sikap mendukung penerapan program patient safety di Instalasi Perawatan Intensif RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Saran dalam penelitian ini adalah menekankan pentingnya komunikasi antar shift tentang kondisi pasien, lebih menertibkan pendokumentasian asuhan keperawatan untuk menjamin informasi yang akurat, menyadarkan pentingnya cuci tangan untuk mencegah infeksi nosokomial. Dan untuk meningkatkan motivasi perlu ada pembeda penghargaan dari manajemen kepada perawat yang menerapkan program patient safety misalnya : penerimaan jasa pelayanan, peluang promosi jabatan dan kesempatan belajar kejenjang yang lebih tinggi.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Public Health
ID Code:16529
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:13 Jul 2010 09:39
Last Modified:27 Dec 2010 08:21

Repository Staff Only: item control page