ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI OCB PEGAWAI KONTRAK (Studi pada Pegawai Kontrak di Universitas Diponegoro Semarang)

PARAMITA, ARINA RATNA (2008) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI OCB PEGAWAI KONTRAK (Studi pada Pegawai Kontrak di Universitas Diponegoro Semarang). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
401Kb

Abstract

Sumber Daya Manusia adalah salah satu ujung tombak organisasi. Tanpa adanya SDM seluruh sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan tidak dapat diolah dan dikembangkan untuk keuntungan organisasi, demikian juga pada organisasi pemerintah. Setiap organisasi, termasuk organisasi pemerintah mempunyai Organizational Citizenship Behavior atau OCB yang sangat membantu para pegawai termasuk para pegawai kontrak, dalam lingkup sosial pekerjaan mereka. Beberapa aspek yang dibutuhkan dan sekaligus dapat menentukan tinggi rendahnya kadar OCB para karyawan baik kontrak ataupun permanen adalah loyalitas, kepatuhan dan partisipasi mereka terhadap instansi pemerintah yang menaungi. Tingkat loyalitas, kepatuhan dan partisipasi pegawai kontrak di sektor pemerintahan merupakan suatu hal yang menarik untuk diteliti. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji faktor-faktor yang berpengaruh terhadap OCB pegawai kontrak dalam instansi pemerintah, dengan menggunakan faktor Kepuasan Kerja dan Budaya Organisasi sebagai variabel independen dan faktor Motivasi Kerja sebagai variabel intervening. Adapun obyek yang digunakan sebagai sample penelitian adalah pegawai kontrak di lingkungan UNDIP Semarang. Sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa secara signifikan faktor Kepuasan Kerja dan Budaya Organisasi berpengaruh positif terhadap Motivasi Kerja pegawai kontrak, sedangkan faktor Motivasi Kerja juga secara signifikan ditemukan berpengaruh positif terhadap OCB pegawai kontrak. Human resource is the spear from organizations. Without Human Resource, all of the organization resources can’t process and developed to get profit, and it is happened on government organization too. The government organization has Organizational Citizenship Behavior, who helped the employee included the contract workers on their social working scope. Some factors that needed to determine higher or lower the OCB’s level even contract or permanent workers it is loyalty, obesity and their participation to the organization who covered them. Loyalty, obesity and participation levels of contract workers on government sector is an interesting case to research. This research want to analyze and examine influence factors to the OCB’s contract workers in government organization, with working satisfaction and Organization behavior as an independent variable and use Working Motivation as an intervening variable. Sample of this research is a contract workers who working at Diponegoro University, Semarang. Whereas, analysis technique on this research using SEM. Based on the research results, that working satisfaction and organization behavior is positively influential to the contract workers working motivation, whereas working motivation factor with a significant too, that positively influential to the OCB’s contract working.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:16521
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:13 Jul 2010 09:07
Last Modified:13 Jul 2010 09:07

Repository Staff Only: item control page