STRATEGI PENGEMBANGAN "KAMPUNG SENI" MENUJU KEMANDIRIAN (STUDI DI DESA LEREP,KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG)

Lestari, Srie (2010) STRATEGI PENGEMBANGAN "KAMPUNG SENI" MENUJU KEMANDIRIAN (STUDI DI DESA LEREP,KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG). Undergraduate thesis, Fisip Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
17Kb

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menjelaskan tentang pembangunan sebuah Kampung Seni di Desa Lerep yang merupakan salah satu cara untuk melestarikan seni dan budaya bangsa serta memperkenalkan seni dan budaya tersebut kepada generasi muda. Dalam penelitian ini fokus pada tujuan untuk mengetahui strategi-strategi yang digunakan Kampung Seni dalam perkembangannya menuju kemandirian dan manfaat-manfaat yang diperoleh masyarakat Desa Lerep terhadap pembangunan Kampung Seni tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian analisis Kualitatif deskriftif, dengan memberikan penjelasan dan gambaran mengenai situasi atau kejadian serta proses-prosesnya yang sedang berlangsung di lapangan dan pengaruh atau dampak yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut terhadap masyarakat berdasarkan informasi yang diberikan oleh narasumber(dinas-dinas terkait, Kampung Seni, masyarakat). Sedangkan penelitian dilakukan penulis mulai dari tanggal 10 Desember 2009 sampai dengan tanggal 28 Februari 2010. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa Kampung Seni Lerep telah melakukan strategi-strategi untuk perkembangan kemandiriannya, tetapi belum terwujud secara maksimal dan kendala utamanya adalah komunikasi yang belum maksimal (dua arah), serta pembangunan Kampung Seni tersebut memberikan dampak manfaat secara langsung maupun tidak langsung terhadap masyarakat di sekitarnya. Beberapa manfaat tersebut diantaranya meningkatkan minat pembelajaran seni bagi generasi mudanya, meningkatkan kembali gairah seniman lokal utk mengembangkan seni budaya, serta perkembangan perbaikan sarana dan prasarana jalan desa dan mampu menaikkan iklim usaha lain yang berada di sekitar lingkungan Kampung Seni, juga mampu meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat. Untuk meningkatkan perkembangan kemandirian Kampung Seni diperlukan pembenahan sistem manajemen, dengan AD/ART yang jelas sebagai panduan evaluasi kegiatan dan perlunya membuka komunikasi yang tak henti-henti dan sikap pro aktif pihak Kampung Seni dalam menjalin kerjasama dengan pihak-pihak lain, terutama dengan masyarakat. Untuk selanjutnya perlu penelitian lebih lanjut tentang pembangunan Kampung Seni berbasis peran serta masyarakat. Kata kunci : Strategi Pengembangan, Komunikasi, Manfaat Pembangunan Kampung Seni.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:16506
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:13 Jul 2010 08:28
Last Modified:13 Jul 2010 08:29

Repository Staff Only: item control page