EVALUASI KINERJA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DITINJAU DARI ASPEK PERSEPSI PENGGUNA DALAM MENDUKUNG PROSES MANAJEMEN DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

RIANA, APIT (2006) EVALUASI KINERJA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DITINJAU DARI ASPEK PERSEPSI PENGGUNA DALAM MENDUKUNG PROSES MANAJEMEN DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
411Kb

Abstract

Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta mempunyai rencana perubahan sistem operasi SIMRS berbasis operating system DOS ke sistem operasi yang lebih baik (sistem windows) sehingga perlu suatu evaluasi pada sistem berjalan saat ini untuk mengetahui keinginan dan pendapat pengguna terhadap aspek-aspek yang mempengaruhi sistem informasi. Acuan yang akan digunakan untuk evaluasi sistem informasi adalah mengunakan metoda PIECES yang terdiri dari Performance, Information/Data, Economic, Control/Security, Efficiency, Service Jenis Penelitian adalah penelitian deskriptif evaluatif dengan pendekatan cross sectional, Data primer didapat dari pengisian kuesioner tentang persepsi responden dan observasi terhadap perangkat keras dalam sistem informasi manajemen. Data sekunder dari dokumen penunjang, Responden yang dipilih 16 adalah orang orang yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam penggunaan SIMRS. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif dan kualitatif "content analysis", Hasil penelitian pada aspek performance adalah bagian pelayanan medis terdapat staf merasa lebih baik bekerja tanpa computer. Sering terdapat kerusakan komputer ketika edit. Aspek Information adalah pengguna bermasalah pada ketidaksesuaian ouput dengan kebutuhan informasi (information overloaded & information that isn’t in useful format). dan ketidaksesuaian penyimpanan data (data isn’t captured, data captured redundantly) atau dikenal dengan data patah. Aspek Economic user merasa banyak sumber daya yang akan dibutuhkan untuk pengembangan program, Tidak ada masalah pada aspek Control. Aspek Efficiency adalah adanya masalah dalam in efisiensi waktu (people, machine or computers waste time) dan masalah dalam in efisiensi sumber daya (people, machine or computers waste materials and supplier). Aspek Service adalah masih merasakan kesulitan dalam input data karena jumlah digit tidak sesuai dengan kebutuhan. Dalam penelitian ini disarankan agar user lebih dilibatkan dalam perancangan dan implementasi program sehingga merasa berperan dalam sukses dan gagalnya sistem, pelibatan tersebut dapat mengurangi persepsi negatif tentang sistem komputerisasi. Perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut tentang kapasitas server baik memori maupun penyimpanan data, karena user sering mengalami data patah. Pembenahan kembali ouput cetak dari sistem sehingga lebih efisien waktu maupun sumber daya dengan memberikan menu pilihan cetak pada setiap program. Pembenahan kembali format input dengan mempertimbangkan kebutuhan user ketika input, misalnya jumlah karakter yang diperbolehkan ketika 17 input data sehingga tidak terjadi kesalahan informasi, misalnya bagian farmasi dan rekam medis. Hospital of PKU Muhammadiyah Yogyakarta has planned to change Hospital Management Information System base on the operating system DOS to better operating system (windows). It need, an evaluation at existing system in which to know the desire and user opinion to aspect influencing information system. PIECES method consist of the Performance, Information, Economic, Control / security, Efficiency is the reference of this evaluation. Type of Research was evaluative descriptive research with the approach of cross section. Primary data obtained from questioners about perception of respondent 19 and observation to hardware in information system management. Secondary data obtained from supported document, selected respondent that were involved directly and indirectly in using Hospital Management Information System. Method analyzer the data used descriptive method and qualitative “content analysis", Result of research at performance aspect shows that in medical services shares staff feel better work without computer. There are often computer damage when editing. Information Aspect are information overloaded & useful information format and un captured data, redundantly captured data or recognized broken data. Economic Aspect, user feel a lot of resource to be required for the development of program, There no problem at aspect Control. Efficiency Aspect are the issue in time efficiency ( people, machine or computers waste time) and internal issue of in of resource efficiency ( people, machine or computers waste materials and supplier). Aspect Service is still feel the difficulty in data input because of digit amount do not meet with requirement. Suggestion, that user more involved in scheme and implementation program, so they feel the successful playing a part in and fail the system, the entangling can lessen the negative perception about computer system. Require to be conducted by a furthermore evaluation about better capacities server of memory and data storage to avoid experience broken data. Print out of output system should be corrected there for it become more efficient time and resource by giving new option of print out in each program. Recorrection of input format need user 20 consideration on input, for example enabled amount of character when data input so that is not happened the information mistake, for example shares of medical record and pharmacy.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health
ID Code:16500
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:13 Jul 2010 07:59
Last Modified:27 Dec 2010 13:26

Repository Staff Only: item control page