-
   
  Nomor 2  
Januari - Juni 2006
 
 
Home
Latar Belakang
Redaksi
Pedoman Penulisan
Puisi Media Medika Muda
Selamat Dies Natalis FK Undip ke-44
 
Kalender Kegiatan
Seminar Anakku Tidak Bisa Mendengar
Seminar Malpraktik IDI Jateng
Pengelolaan Gangguan Neurologis
ARTIKEL TERKINI
 
-
  DETEKSI SINDROM FRAGILE X DENGAN TEKNIK IMUNOSITOKIMIA PADA PREPARAT DARAH HAPUS
(Studi kasus pada siswa pusat rehabilitasi siswa Bina Grahita Temanggung)
 
-
 

Cuci dengan PBS sebanyak 3 X 5 menit. Inkubasikan dengan peroxidase-conjugated Streptavidin (Zymed-Kit “Reagent C”) selama 10 menit; e) cuci dengan PBS sebanyak 4 X 5 menit. Sementara itu keluarkan DAKO Liquid DAB substrate-chromogen system dan biarkan pada suhu ruang. Cuci dengan 0,1 M PBS selama 5 menit. Inkubasikan dengan DAB substrate (DAKO Liquid DAB substrate-chromogen system) selama 15-20 menit; f) cuci dengan aquades selama 5 menit. Keluarkan dari Shandon System dan masukkan ke dalam wadah berisi aquades, dicat (counterstain) dengan Nuclear Fast Red selama 2 menit; g) dehidrasikan dalam 80%, 96%, 100% ethanol kemudian letakkan pada larutan xylene (DEH 1) solution (beberapa detik) dan larutan xylene (DEH 2). Lapisi dengan Entellan, beri cover glass dan keringkan semalam pada inkubator 37°C. Slide ini sudah dapat dilihat setelah satu jam.

HASIL

Jumlah limfosit positif protein FMRP dengan pemeriksaan tes imunositokimia pada preparat darah hapus adalah sebagai berikut;
Sejumlah 40 sampel yang diambil, satu siswa diantaranya tidak kooperatif dalam pengambilan sampling darah sehingga tidak didapatkan sampel darah dan seorang lagi darah hapus hasilnya tidak terbaca. Jadi hanya terdapat 38 blood smear yang dapat dianalisis.
Hasil yang didapat dari 38 siswa yang diperiksa, terdeteksi dua orang yang memiliki jumlah limfosit yang mengandung FMRP di bawah 42% (cut off point), yaitu siswa dengan kode 1 dan 4, sedangkan 36 siswa lainnya memiliki limfosit yang mengandung FMRP diatas 42%, dengan jumlah yang sangat bervariasi. Metode penghitungan dengan menghitung jumlah limfosit yang positif FMRP per 100 limfosit.

 

Next Page >>

<<Previous Page

 
www.m3.undip.org

Berdiri tahun 2005, dipublikasi oleh: Tim Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang