-
   
  Nomor 2  
Januari - Juni 2006
 
 
Home
Latar Belakang
Redaksi
Pedoman Penulisan
Puisi Media Medika Muda
Selamat Dies Natalis FK Undip ke-44
 
Kalender Kegiatan
Seminar Anakku Tidak Bisa Mendengar
Seminar Malpraktik IDI Jateng
Pengelolaan Gangguan Neurologis
ARTIKEL TERKINI
 
-
  DETEKSI BAKTERI COLIFORM DALAM ES JERUK YANG DIJUAL DI WARUNG SEKITAR KAMPUS UNDIP PLEBURAN  
-
 

HASIL

Dari 30 sampel yang ditanam di media Lactose Broth, 28 sampel memberikan hasil (+). Setelah dicocokan dengan tabel MPN, 17 sampel diantaranya memiliki nilai MPN 240, 11 sampel memiliki nilai MPN yang bervariasi antara 1 sampai 96. Dua sampel memberikan hasil (-) yang menunjukkan nilai MPN=0.

Data lengkap hasil penanaman pada media Lactose Broth dapat dilihat pada tabel 3. Sebanyak 28 sampel memberikan hasil (+) pada penanaman di media Lactose Broth, dilanjutkan dengan penanaman pada media Brilliant Green Lactose Bile Broth (BGLB) dan memberikan hasil (+). Penanaman lebih lanjut pada media Mac Conkey, terdapat 16 sampel dengan hasil koloni berwarna merah keunguan, bulat, cembung, tepi rata, diameter 1-2 mm. Pada penanaman di media TSIA menghasilkan asam/asam, Gas (+), H2S (-). Penanaman pada media IMViC MU menghasilkan Indol (+), Methyl Red (+), Voges Proskauer (-), Citrat (-), Motilitas (+), dan Urea (-). Hasil penanaman dari media tersebut menunjukkan kemungkinan es jeruk terkontaminasi E. coli.
Pada penanaman di media MacConkey, ada 12 sampel yang menghasilkan koloni berwarna colourless, bulat, cembung, tepi rata, diameter 1-2 mm. Penanaman pada media TSIA, menghasilkan alkali/asam, Gas (±), H2S (+). Penanaman pada media IMViC MU menghasilkan Indol (-), Methyl Red (+), Voges Proskauer (-), Citrat (-), Motilitas (+), dan Urea (-). Hasil penanaman pada media tersebut menunjukkan kemungkinan es jeruk terkontaminasi Salmonella Sp.
Hasil kuman yang ditemukan dari 30 sampel es jeruk dapat dirangkum dalam gambar 1.

Hasil pengamatan pada perilaku higienitas penjaja dalam pengolahan minuman, 40% penjaja menunjukkan perilaku higienitas yang baik dan 60% lainnya masih buruk.

Hasil uji Chi-square terhadap 30 sampel es jeruk yang dinilai kualitas bakteriologisnya dan perilaku higienitas penjaja dalam pengolahan minuman menghasilkan p=1,000. Hal ini menunjukkan tidak ada korelasi antara perilaku higienitas penjaja dalam pengolahan minuman dengan kualitas bakteriologis es jeruk.

 

Next Page >>

<<Previous Page

 
www.m3.undip.org

Berdiri tahun 2005, dipulikasi oleh: Tim Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang