Peranan Subbag Hubungan Masyarakat dan Pemasaran menjalin hubungan dengan publik Internal dan Eksternal di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi.

Guntur Pranaputra, Gerry (2010) Peranan Subbag Hubungan Masyarakat dan Pemasaran menjalin hubungan dengan publik Internal dan Eksternal di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
11Kb

Abstract

Salah satu peran praktisi Humas adalah penghubung antara manajemen dan konsumennya. Hal ini membutuhkan ketrampilan kehumasan untuk membina hubungan dengan publik Internal maupun Eksternal. Dalam institusi Rumah Sakit yang dimaksud dengan publik Internal adalah pihak yang terdapat pada struktur organisasi Rumah Sakit, sedangkan yang dimaksud publik Eksternal adalah pihak yang berada di luar Rumah Sakit yang memiliki kepentingan terhadap Rumah Sakit. Publik Eksternal sering diartikan sebagai pelanggan Rumah Sakit. Melakukan komunikasi dengan para pelanggan Rumah Sakit dapat meningkatkan citra bagi Rumah Sakit tersebut. Dengan adanya hubungan yang baik antara Rumah Sakit dengan Pelanggannya maka Rumah Sakit dapat senantiasa membenahi diri guna memberikan yang terbaik bagi para pelanggannya. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan aktifitas yang dilakukan Subbag Humas dan Pemasaran dalam membantu RSUP Dr.Kariadi dalam menjalin hubungan dengan publik Internal dan Eksternal. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik wawancara/ interview kepada beberapa pihak dari Rumah Sakit dan penambahan melalui data sekunder. Melalui penelitian ini, penulis memperoleh hasil dan kesimpulan bahwa peran Subbag Hubugan Masyrakat dan Pemasaran RSUP Dr. Kariadi sudah baik. Hal tersebut diwujudkan dengan RSUP Dr. Kariadi mengakomodasi Subbag Hubungan Masyarakat dan Pemasaran dibawah bagian Hukum, Hubungan Masyarakat dan Pemasaran, masuk dalam jajaran Direktorak Umum dan Operasional yang bertanggung jawab pada pimpinan Rumah Sakit yaitu Direktur Utama. Subbag Hubungan Masyarakat dan Pemasaran sudah menjalin hubungan dengan publik Internal dan Eksternal Rumah Sakit sesuai fungsi dan kaedah kehumasan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:16492
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:12 Jul 2010 15:34
Last Modified:12 Jul 2010 15:34

Repository Staff Only: item control page