AKTIVITAS EMPLOYEE RELATIONS HUMAS PT INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR DIVISI MI INSTAN SEMARANG DALAM MEMBANGUN LOYALITAS KARYAWAN KEPADA PERUSAHAAN

TIOKO AJI, MARUS (2010) AKTIVITAS EMPLOYEE RELATIONS HUMAS PT INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR DIVISI MI INSTAN SEMARANG DALAM MEMBANGUN LOYALITAS KARYAWAN KEPADA PERUSAHAAN. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
13Kb

Abstract

Pada dasarnya hubungan antara karyawan dan perusahaan adalah hubungan yang saling menguntungkan. Disatu sisi perusahaan ingin mendapatkan keuntungan yang besar, disisi lain karyawan menginginkan harapan dan kebutuhan tertentu yang harus dipenuhi perusahaan. Karena itu dibutuhkan suatu manajemen employee relations yang dapat mewujudkan hubungan harmonis sehingga saling menguntungkan satu sama lain. Dengan adanya hubungan yang baik antara karyawan dengan pihak manajemen perusahaan maka akan dapat meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Kemudian pada akhirnya tujuan perusahaan dapat tercapai, tidak hanya keuntungan perusahaan tetapi juga kesejahteraan karyawan juga akan meningkat. Loyalitas karyawan dapat terwujud dengan mengembangkan komunikasi yang efektif dan bersifat dua arah antara karyawan dengan manajemen. Loyalitas yang besar merupakan suatu jaminan bagi sebuah lembaga, karena karyawan yang tingkat loyalitas yang tinggi pasti memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaannya, sehingga akan memberikan yang terbaik untuk lembaga. Kegagalan yang serius dalam komuniksi karyawan akan mengakibatkan kelambanan pegawai, ketidakefisienan, penurunan hasil, penurunan semangat kerja, pemogokan yang merugikan, kepailitan,serta masalah lainnya yang menimbulkan dampak yang merugikan pada penjualan, keuntungan dan citra publik.(H.Frazier Moore, 2000:5). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas employee relations Humas PT (ICBPSM DMI) Semarang dalam membangun loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh fakta-fakta melalui wawancara mendalam (depth interview) dengan narasumber serta melalui pengamatan langsung untuk mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dalam membina hubungan yang baik dengan karyawannya. Kemudian temuan penelitian yang diperoleh diinterpretasikan untuk mencari makna yang lebih luas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa PT (ICBPSM DMI) Semarang telah melaksanakan program employee relations dengan baik melalui berbagai kegiatan komunikasi formal dan informal. Kegiatan komunikasi formal antara lain dilakukan dengan mengadakan rapat rutin bipartite dan PUK SPSI sebagai sarana penyalur saran dan kritik dari karyawan kepada manajamen. Selain melalui rapat rutin, PT (ICBPSM DMI) Semarang mengkomunikasikan berbagai kebijakannya melalui pengumuman yang ditempel di tembok dan mading serta melalui sosialisasi langsung ke tiap-tiap departemen. Pelaksanaan kegiatan komunikasi informal PT (ICBPSM DMI) Semarang melalui Special Event. Special Event bertujuan untuk menumbuhkan rasa keakraban bersama di antara para karyawan dan manajemen melalui kegiatan piknik dan perayaan hari besar. Loyalitas karyawan PT (ICBPSM DMI) Semarang cukup baik, hal ini dapat dilihat dari keterlibatan dan keaktifan karyawan dalam setiap kegiatan komunikasi formal dan informal yang diadakan perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa aktivitas Employee Relations yang dijalankan melalui kegiatan komunikasi formal dan informal dilaksanakan cukup baik dalam membangun loyalitas karyawan kepada perusahaan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:16491
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:12 Jul 2010 15:31
Last Modified:12 Jul 2010 15:31

Repository Staff Only: item control page