Audit Public Relations pada Kegiatan Corporate Social Responsibility PT Coca Cola Bottling Indonesia Central Java

Ridlowi, Slamet (2010) Audit Public Relations pada Kegiatan Corporate Social Responsibility PT Coca Cola Bottling Indonesia Central Java. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
11Kb

Abstract

Audit Public Relations pada Kegiatan Corporate Social Responsibility PT Coca Cola Bottling Indonesia Central Java, adalah penelitian mengenai evaluasi kegitan CSR “Penanaman 100 Pohon dan Perawatan Pohon di Lingkungan Mata Air senjoyo” yang dijalankan oleh PT Coca Cola Bottling Indonesia Central Java. Belakangan ini isu CSR sedang menjadi tren, sehingga tidak sedikit aktifitas PR yang menjadi bias karena perusahaan hanya memenuhi tuntutan tren untu mendapatkan pencitraan yang positif dalam waktu singkat ataupun hanya memenuhi kewajiban yang telah ditetapkan oleh pemerintah, aktifitas yang dijalankan tidak mengacu pada pemberdayaan masyarakat (Community Devlopment) akan tetapi aktifitas yang dijalankan seringkali hanya bagian dari kegiatan promosi produk atau perusahaan belaka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengaudit atau mengevaluasi kegiatan CSR “penanaman 100 pohon dan perawatan pohon disekitar mata air Senjoyo, Salatiga” yang dijalankan PT.Coca-Cola Bottling Indonesia Cental Java, mulai dari tahap planing, tahap implementasi, tahap evaluasi hingga tahap pelaporan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data diskrptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan, dengan demikian laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan (Moleong, 2002:3). Sumber atau subjek informasi pada penelitian ini adalah Public Relations Manager dan Public Rlations Supervisor PT.Coca-Cola Bottling Indonesia Cental Java. Indikator audit CSR dalam penelitian ini adalah tahapan-tahapan yang menjadi prinsip dasar CSR yang dikemukakan Wibisono (2007, 125-151) yaitu: tahap penencanaan (planing) yang meliputi: (a) awareness building, (b) CSR assessment, (c) manual building. Tahap pelaksanaan (implemntasi) meliputi: (a) sosialisasi, (b) pelaksanaan, (c) internalisasi. Tahap evaluasi dan tahap pelaporan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa program CSR yang dijalankan belum sesuai dengan prinsip-prinsip CSR salah satuntanya adalah belum adanya tahapan assessment dalam menjalankan program CSR dan program CSR yang dijalankan masih bernuansa charity. Berdasarkan kesimpulan diatas penulis merekomendasikan: (1) perlu adanya pedoman pelaksanaan kegitan CSR yang meliputi : visi, misi, tujuan, dan kebijakan. (2) menjalankan tahapan Evaluasi disetiap kegitan dan tahapan Pelaporan CSR yang baku seperti : menuangkanya dalam dokuman tertulis (CSR Report) dan menjadikanya sebagai prosedur baku dalam rangka membangun sistem informasi. (3) untuk program kegitan CSR selanjutnya PT Coca Cola Bottling Indonesia Central Java dapat mengunakan idikator-indikator tahapan kegitan CSR yang ada pada Bab III.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:16489
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:12 Jul 2010 15:27
Last Modified:12 Jul 2010 15:27

Repository Staff Only: item control page