Produksi Film Pendek “Bunga Kertas” Sebagai Sutradara dan Pengarah Fotografi untuk Media Sosialisasi Program Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) BKKBN Provinsi Jawa Tengah

Budiono, Taruna (2010) Produksi Film Pendek “Bunga Kertas” Sebagai Sutradara dan Pengarah Fotografi untuk Media Sosialisasi Program Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) BKKBN Provinsi Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

Tujuan utama dari program Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) yang dilakukan oleh BKKBN Provinsi Jawa Tengah adalah untuk meningkatkan pemahaman, sikap dan perilaku positif remaja tentang kesehatan dan hak-hak reproduksi, guna meningkatkan derajat kesehatan reproduksinya dan mempersiapkan kehidupan berkeluarga dalam mendukung upaya peningkatan kualitas generasi mendatang. Dalam melakukan sosialisasi program KRR, BKKBN memerlukan sebuah media yang tepat, agar bisa menarik perhatian para remaja yang menjadi sasaran program Kesehatan Reproduksi Remaja tersebut. Film adalah sebuah media yang dianggap cocok, dan mampu memberikan informasi dan edukasi, serta menjadi media sosialisasi yang tepat bagi program KRR yang dilakukan oleh BKKBN Provinsi Jawa Tengah. Selain muatan audio visual yang menjadikan film lebih mudah dipahami oleh para audiencenya, film juga mampu menggambarkan kehidupan remaja sehari – hari, yang menjadi sasaran dari program KRR ini. Dalam proses produksi film pendek “Bunga Kertas” sebagai media sosialisasi program KRR BKKBN Provinsi Jawa Tengah, tugas utama seorang sutradra adalah memastikan bahwa film yang diproduksi akan mampu menyampaikan pesan – pesan yang terkandung didalamnya kepada audience. Selain itu seorang sutradara juga bertanggung jawab tentang pencapaian artistik dari film yang diproduksi. Sedangkan seorang Pengarah Fotografi bertugas untuk menerjemahkan visi mengenai pencapaian visual yang diinginkan oleh sutradara, agar nantinya film ini bisa menjadi film yang mampu memberikan informasi, edukasi serta menjadi media sosialisasi yang baik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:16484
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Jul 2010 15:16
Last Modified:12 Jul 2010 15:16

Repository Staff Only: item control page