Efektifitas Terapi Audio dengan Murattal Surah Ar Rahman untuk Menurunkan Perilaku Kekerasan di RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang

Widhowati, Siwi Sri (2010) Efektifitas Terapi Audio dengan Murattal Surah Ar Rahman untuk Menurunkan Perilaku Kekerasan di RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
120Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

2228Kb

Abstract

Berbagai macam krisis yang terjadi pada bangsa ini, terutama krisis ekonomi yang berkepanjangan telah menyebabkan meningkatnya jumlah penderita penyakit jiwa. Manejemen penanganan pasien perilaku kekerasan di rumah sakit sekarang ini dari pemberian farmakoterapi dan tindakan ECT menimbulkan efek sampingnya yang tidak bisa dihindari setelah selesai perawatan. Manejemen penanganan pasien PK di rumah sakit yang masih menimbulkan efek samping bagi pasien membutuhkan alternatif penanganan baru yang lebih efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas terapi audio dengan murattal surah Ar- Rahman dalam menurunkan perilaku kekerasan di RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain pre-test post-test nonequivalent control group design. Alat ukur yang digunakan adalah Staff Observation Aggression Scale-Revised (SOAS-R). Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 83 responden dengan pembagian 60 responden sebagai kelompok perlakuan dan 23 responden sebagai kelompok kontrol. Uji statistik yang membandingkan kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol menunjukkan adanya signifikansi perbedaan nilai penurunan nilai pretes dan postes antara kedua kelompok tersebut berdasarkan uji wilcoxon dengan nilai signifikansi 0,000, yaitu nilai yang lebih kecil dari taraf kesalahan (α) 0,05. Nilai Z tabel -4,605 diluar daerah Ho + 1,96. Nilai-nilai ini menyatakan bahwa penambahan terapi audio dengan murottal surah Ar Rahman pada kelompok perlakuan lebih efektif dalam menurunkan perilaku kekerasan di RSJD DR. Amino Gondohutomo Semarang dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan terapi audio tersebut. Pihak rumah sakit diharapkan dapat menerapkan terapi ini kepada pasien dengan perilaku kekerasan untuk dapat memperpendek waktu perawatan pasien di rumah sakit serta mengurangi efek samping dari obat-obatan yang diberikan kepada pasien.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Perilaku Kekerasan, Terapi Audio, Surah Ar Rahman.
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:16483
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:12 Jul 2010 15:15
Last Modified:12 Jul 2010 15:15

Repository Staff Only: item control page