Strategi Humas PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan D.I.Y Dalam Mendukung Sosialisasi Program Hemat Listrik di Wilayah Kota Semarang.

Dewi Prasanti, Prita (2010) Strategi Humas PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan D.I.Y Dalam Mendukung Sosialisasi Program Hemat Listrik di Wilayah Kota Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
13Kb

Abstract

Meningkatnya populasi jumlah penduduk, berdampak pada meningkatnya kebutuhan masyarakat akan energi listrik terutama di kota Semarang. Padahal pasokan listrik yang ada sangat terbatas. Apalagi dengan naiknya BBM sebagai bahan bakar untuk pengadaan litrik. PLN pun sebetulnya telah berupaya memenuhi kebutuhan listrik tersebut. Namun, upaya-upaya itu tidak akan ada artinya jika tidak dibarengi kesadaran masyarakat untuk menghemat listrik. Karena itu, PLN (Perusahaan Listrik Negara) sebagai lembaga BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia berupaya mengatasi hal tersebut lewat program hemat listrik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi Humas PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan D.I.Y dalam mendukung sosialisasi program Hemat Listrik di wilayah kota Semarang. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif dengan memperoleh data dari hasil wawancara kepada Humas dan Staf Analisys Humas PT. PLN (Persero) Distribuasi Jawa Tengah dan D.I.Y. Dari hasil temuan penelitian yang diperoleh dari wawancara dengan Humas dan Staf Analisys Humas PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan D.I.Y, dalam melaksanakan sosialisasi program Hemat Liatrik pada pelanggan PLN di Wilayah Kota Semarang, PLN Jawa Tengah telah menerapkan strategi komunikasi melalui tahapan fact finding, planning and programming, taking action and communication, serta evaluations. Pada tahap fact finding, PLN Jawa Tengah melakukan analisis data dan pementauan lapangan untuk mengetahui lebih dalam tentang permasalahan yang akan disosialisasikan. Pada tahap planning and programming, PLN Jawa Tengah menentukan target sasaran, menyusun strategi komunikasi dan menentukan media komunikasi yang akan digunakan. Ketiga, tahap taking action and communication, PLN Jawa Tengah melaksanakan kegiatan sosialisasi program hemat listrik melalui media radio, televisi, media cetak, media luar ruang, kegiatan lomba menghias tong sampah, program PLN Menyapa, sosialisasi lintas sektoral dengan PDAM, serta sosialisasi melalui media Ketoprak Rancak Sari. Tahap terakhir yaitu evaluations. Pada tahap ini PLN Jawa Tengah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan sosialisasi dengan melihat kembali hasil data statistik tahunan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan D.I.Y yang diperoleh dari laporan pertanggung jawaban seluruh PLN APJ dan UPJ kota Semarang. Berdasarkan temuan penelitian, informan telah mengetahui adanya program hemat listrik oleh PLN dan menyambut positif sosialisasi terebut. Walaupun informan belum dapat menerapkan pola hemat listrik secara nyata , namun Informan cukup terpengaruh untuk lebih bersikap dan berperilaku lemat listrik seperti yang disosialisasikan PLN Jawa Tengah. Dari hasil analisis dalam penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan D.I.Y sudah cukup baik, namun dalam pelaksanaannya, sosialisasi yang bersifat langsung (tatap muka) tidak maksimal, masih belum merata dan frekuensinya kurang. Hal tersebut mengakibatkan masyarakat kurang mengerti tentang program ini sehingga sosialisasi yang dilakukan kurang efektif karena tidak ada feedback dari masyarakat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:16468
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Jul 2010 14:47
Last Modified:12 Jul 2010 14:47

Repository Staff Only: item control page