ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT MEREFERENSIKAN PELAYANAN RAWAT JALAN PADA RS PARU – PARU SUKOSARI HUSADA SUKOHARJO

Sutomo, Andhy (2009) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT MEREFERENSIKAN PELAYANAN RAWAT JALAN PADA RS PARU – PARU SUKOSARI HUSADA SUKOHARJO. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
621Kb

Abstract

Hospital is one of type effort for service that is now stays in very tightening emulation climate. Struggle to create recuring business with customer occupies central point in the effort hospital to exeed at long-range emulation. Service quality, cutomer value and excellence of product becomes thing which necessary for hospital. This research analysis factors influence customer satisfaction to create hospital service reference enthusiasm in Hospital Sukasari Husada Sukoharjo. Research problem is existence of gap or debate at antecedent research would consequence and from customer satisfaction. Other problems is the happening of downdraft of number of outpatients continually at last four months and existence of improvement of number sighs from patient. Respondent in this research 120 patients with sampling method applies acidental sampling. This research applies analysis Structural Equation Modeling (SEM) what implemented through program AMOS as a means of assists its the analysis. Result of research proves that service quality, cutomer value and excellence of product has positive influence and signifikan to customer satisfaction. Hereinafter, customer satisfaction of influence positive and signifikan to hospital service reference enthusiasm. Excelsior service quality, cutomer value and excellence of product has customer satisfaction of excelsior and causes home service reference enthusiasm which excelsior. Rumah sakit merupakan salah satu jenis usaha jasa yang saat ini berada dalam iklim persaingan sangat ketat. Perjuangan untuk menciptakan bisnis yang berulang dengan pelanggan menempati titik sentral dalam upaya rumah sakit untuk tetap unggul pada persaingan jangka panjang. Kualitas pelayanan, nilai pelanggan dan keunggulan produk menjadi hal yang penting bagi rumah sakit. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan untuk menciptakan minat mereferensikan jasa rumah sakit di RS Paru – paru Sukasari Husada Sukoharjo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya kesejangan atau perdebatan pada penelitian akan anteseden dan konsekuensi dari kepuasan pelanggan. Permasalahan lain adalah terjadinya penurunan jumlah pasien rawat jalan secara terus menerus pada empat bulan terakhir serta adanya peningkatan jumlah keluhan dari pasien. Responden dalam penelitian ini sebanyak 120 pasien dengan metode pengambilan sampel menggunakan acidental sampling. Penelitian ini menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan melalui program AMOS sebagai alat bantu analisisnya. Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas pelayanan, nilai pelanggan dan keunggulan produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selanjutnya, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mereferensikan jasa rumah sakit. Semakin tinggi kualitas pelayanan, nilai pelanggan dan keunggulan produk maka kepusan pelanggan semakin tinggi dan menyebabkan minat mereferensikan jasa rumah yang semakin tinggi.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:16422
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:12 Jul 2010 09:24
Last Modified:12 Jul 2010 09:24

Repository Staff Only: item control page