PERAN TOKOH MASYARAKAT DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK (STUDI KASUS RENCANA PEMBANGUNAN PABRIK SEMEN GRESIK DI KECAMATAN SUKOLILO KABUPATEN PATI TAHUN 2009)

Indah, Rizky (2010) PERAN TOKOH MASYARAKAT DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK (STUDI KASUS RENCANA PEMBANGUNAN PABRIK SEMEN GRESIK DI KECAMATAN SUKOLILO KABUPATEN PATI TAHUN 2009). Undergraduate thesis, Fisip Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
18Kb

Abstract

Otonomi daerah memberikan ruang atas kebijakan-kebijakan untuk mengelola daerahnya, salah satunya dengan meningkatkan pembangunan untuk meningkatkan pendapatan daerahnya. Namun, tidak semua pembangunan direspon oleh masyarakat sehingga mengundang sejumlah perdebatan sengit yang akhirnya membelah masyarakat ke dalam dua kutub yang saling bertentangan: pro dan kontra. Dengan latar belakang tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran tokoh masyarakat dalam membentuk opini publik terhadap rencana pembangunan Pabrik Semen Gresik di Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Tipe penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Indepth Interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengidentifikasi elit politik dapat dilihat dari analisis posisi, analisis reputasi, dan analisis keputusan. Pola reaksi tokoh masyarakat terhadap rencana pembangunan pabrik semen gresik dalam mempengaruhi massa dengan berbagai cara yaitu tokoh struktural dengan mengadakan pertemuan-pertemuan, tokoh agama melalui gethok tular dan tokoh adat dengan mengadakan grenengan-grenengan. Peran tokoh masyarakat dalam konteks rencana pendirian pabrik Semen Gresik adalah sebagai penyelaras serta sebagai mediator antara warga dengan instansi pemerintah dengan melakukan tawar-menawar untuk mencari jalan terbaik antara kedua belah pihak agar saling menguntungkan. Dari penelitian yang telah dilakukan, untuk lebih mencapai hasil yang maksimal, hendaknya ada kerjasama antara pemerintah, masyarakat dan investor. Lebih memberikan sosialisasi pada masyarakat luas khususnya Kecamatan Sukolilo untuk lebih mendapatkan dukungan dari semua pihak. Kata Kunci : peran, tokoh masyarakat, opini publik

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:16415
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:12 Jul 2010 09:10
Last Modified:12 Jul 2010 09:10

Repository Staff Only: item control page