PENGARUH CARA PENYIMPANAN TERHADAP PENURUNAN KADAR IODIUM DALAM GARAM BERIODIUM (STUDI BEBERAPA MEREK GARAM BERIODIUM YANG BEREDAR DIPASAR GRABAG KABUPATEN MAGELANG)

SARI, BETY (1994) PENGARUH CARA PENYIMPANAN TERHADAP PENURUNAN KADAR IODIUM DALAM GARAM BERIODIUM (STUDI BEBERAPA MEREK GARAM BERIODIUM YANG BEREDAR DIPASAR GRABAG KABUPATEN MAGELANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Kandungan Iodium dalam garam akan mengalami penurunan setelah lepas dari alat iodisasi baik dalam peredaran maupun setelah sampai di konsumen, karena sifat higroskopis garam maupun trjadinya proses “leaching” selama penyimpanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cara penyimpangan terhadap penurunan kadar iodium dalam garam beriodium. Dengan pengetahuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kontrol sosial terhadap mutu garam beriodium yang dikonsumsi masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Dilakukan survai dulu sebagai pendahuluan dengan mewawancarai ibu-ibu di des Sugih Masyarakat Kecamatan Grabag yang merupakan salah satu daerah endemik berat di Kabupaten Magelang. Surbai ini dilakukan untuk menentukan sampek dan cara penyimpanan yang akan dipakai dalam penelitian. Berdasar kan hasilsurvai ditetapkan 5 macam merek garam sebagai sampel dan 4 macam cara penyimpanan sebagai perlakuan yaitu bejana tanah liat terbuka, bejana tanah liat tertutup, bejana plastik terbuka dan bejana plastik tertutup. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design yaitu dengan melakukan pengukuran atu observasi awal sebelum perlakuan diberikan. Setiap 15 hari masing-masing bejana diambil sampelnya untuk dianalisa kadar iodiumnya di Balai Laboratorium kesehatan daerah Semarang. Selain itu dilakukan pula pengukuran suhu dan kelembaban udara di tempat penelitian dengan menggunakan alat thermohigro. Hasil penelitian adalah selam perlakuan diberikan baik 15 hari perlakuan maupun 30 hari perlakuan penurunan kadar iodium yang paling tinggi terjadi pada cara penyimpanan dengan bejana tanah liat tertutup emudian bejana plastik terbuka dan penurunan kadar iodium yang paling kecil terjadi pada cera penyimpanan dengan bejana plastik tertutup. Berdasarkan hasil uji signifikasi dengan menggunakan analisa varian menunjukkan adanya perbedaa yang bermakna antara cara penyimpanan yang berbeda terhadap penurunan kadar iodium untuk lama perlakuan 15 hari, sedangkan untuk lama perlakuan 30 hari tidak enunjukkan perbedaan yang bermakna. Kata Kunci: GARAM BERIODIUM

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:16398
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:13 Jul 2010 11:07
Last Modified:13 Jul 2010 11:07

Repository Staff Only: item control page