HUBUNGAN KONSUMSI ENERGI DAN PROTEIN DENGAN STATUS GIZI ANAK KELAS I (STUDI KASUS DI SDN KARANGSARI Ini DAN SDN NGULAKAN Ini DESA KARANGSARI, KEC. PENGASIH, KAB. KULONPROGO DIY)

SANTOSO, JOKO BUDI (1994) HUBUNGAN KONSUMSI ENERGI DAN PROTEIN DENGAN STATUS GIZI ANAK KELAS I (STUDI KASUS DI SDN KARANGSARI Ini DAN SDN NGULAKAN Ini DESA KARANGSARI, KEC. PENGASIH, KAB. KULONPROGO DIY). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangsari I SDN Ngulakan I, desa karangsari. Type penelitian menggunakan pendekatan”Cross Sectional” dan sifat penelitian adalah “Explanatory Reasearch”. Pemilihan lokasi di dua sekolah dasar dilakukan secara purposive sampling dengan 42 anak kelas I. Pengolahan data status gizi dinilai dengan persentil. Konsumsi energi, protein diukur dengan menggunkan DKBM, DKGM, DKGJ, DPM, DMM, daftar komposisi zat gizi bahan pangan Indonesia. Praktek gizi ibu diukur dengan skor total. Analisa data diuji dengan korelasi product moment dankorelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status gizi berada pada P27,42 dan dikategorikan status gizi baik, tetapi masih berada dibawah kelas median atau persentil 50. status gizi kurang 9,52%, baik 88,10% dan lebih 2,38%. Tingkat konsumsi energi anak 66,35% dari AKG dan dikategorikan tingkat konsumsi energi kurang. Sedangkan tingkat konsumsi protein anak 94,77% dari AKG dan dikategorikan tingkat konsumsi protein baik. Praktek gizi baik 54,76, kurang 45,24%. Praktek gizi ibu dikategorikan tingkat praktek gizi baik. Hubungan bermakna antar konsumsi energi dan proteinde status gizi anak. Bobot sumbangan efektif energi lebih besar bila dibandingkan dengan protein. Hubungan bermakna antara praktek gizi ibu dengan konsumsi energi maupun protein anak. Kata Kunci: STATUS GIZI ANAK SD

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:16393
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:09 Jul 2010 13:59
Last Modified:09 Jul 2010 13:59

Repository Staff Only: item control page